7 Jurusan Vokasi Paling Banyak Dibutuhkan Dunia Kerja, Kecil Peluang Jadi Pengangguran

Sabtu, 15 Juli 2023 - 15:24 WIB
loading...
7 Jurusan Vokasi Paling Banyak Dibutuhkan Dunia Kerja, Kecil Peluang Jadi Pengangguran
Lulusan vokasi dikenal memiliki keahlian spesifik yang sudah siap diaplikasikan di dunia kerja menjadi salah satu alasan lulusan jurusan Vokasi dibutuhkan banyak perusahaan. Foto/Dok Sindonews
A A A
JAKARTA - Sejumlah jurusan Vokasi ini banyak dibutuhkan dunia kerja. Secara umum prospek kerja jurusan vokasi sejatinya tak kalah dengan jenjang S1. Banyak sekali perusahaan yang membutuhkan tenaga dari jurusan Vokasi ini.

Lulusan Vokasi dikenal memiliki keahlian spesifik yang sudah siap diaplikasikan di dunia kerja menjadi salah satu alasan jebolan jurusan Vokasi begitu dibutuhkan banyak perusahaan. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut 7 jurusan Vokasi yang bayak dibutuhkan dunia kerja.

7 Jurusan Vokasi Paling Banyak Dicari Dunia Kerja

1.Penyiaran (Broadcasting)

Dunia penyiaran di Indonesia memang tidak pernah ada matinya. Seiring berkembangnya zaman yang semakin modern, dunia penyiaran semakin berkembang pesat. Perkembangan dunia penyiaran tersebut mulai dari media massa elektronik hingga media online.

Maka dengan berkembangnya dunia penyiaran tersebut akan membuka jalan lebar bagi para lulusan penyiaran. Mahasiswa jurusan penyiaran akan dibekali ilmu mulai dari presenting, vokal dasar, teknik kamera, editing gambar, hingga marketing pada dunia periklanan industri penyiaran.

Setelah lulus, kemampuan mereka sangat dinanti di dunia periklanan. Maka dari itu, bagi kamu yang ingin berkuliah di jurusan ini bisa berkuliah di Universitas Indonesia, Universitas Sebelas Maret Surakarta, Universitas Dian Nuswantoro, dan Bina Sarana Informatika.

2. Pariwisata

Memiliki sektor pariwisata yang tak terhingga, membuat wisata di Indonesia semakin lama semakin berkembang. Tenaga ahli jurusan pariwisata sangat dinanti oleh berbagai perusahaan yang bergerak di bidang pariwisata.

Di jurusan pariwisata inilah, saatnya kamu bisa memulai mengepakkan sayap untuk mendapatkan masa depan gemilang. Melalui jurusan pariwisata, kamu bisa belajar banyak hal seperti manajemen wisata, manajemen pengolahan makanan dan minuman, sistem informasi pariwisata, dan masih banyak lagi.



Prospek kerjanya pun nggak usah dirisaukan lagi. Kamu bisa menjadi pemandu wisata, barista, agen perjalanan, perencana meeting, dan pengelola restaurant. Wah sangat menyenangkan ya!

Beberapa kampus menyediakan jurusan ini, antara lain Sekolah tinggi Pariwisata Bandung, Sekolah Tinggi Pariwisata AMPTA Yogyakarta, Universitas Airlangga, dan Universitas Pelita Harapan.

3. Administrasi Perkantoran

Jurusan yang paling dinanti banyak perusahaan selanjutnya adalah administrasi perkantoran. Perusahaan dan berbagai macam sektor industri pasti membutuhkan tenaga administrasi perkantoran. Saat masuk di jurusan ini, pasti sangat dekat dengan proses pengurusan berkas-berkas hingga keperluan dari kantor.

Dalam jurusan ini, mahasiswa akan diajarkan berbagai macam hal tentang manajemen perkantoran, praktik komputer, teknik penulisan laporan, manajemen kearsipan hingga stenografi. Bagi sobat maukuliah yang ingin masuk jurusan ini, kamu bisa berkuliah di Universitas Airlangga, Universitas Brawijaya, Universitas Andalas, dan Universitas Sumatera Utara.

4. Hubungan Masyarakat

Jurusan hubungan masyarakat (humas) pasti sangat lekat dengan kehidupan organisasi dan perusahaan di lingkungan masyarakat Indonesia. Tenaga humas sangat dibutuhkan semua orang di berbagai macam sektor. Mulai dari pemerintahan, swasta, hingga berbagai sektor industri lainnya.

Jurusan hubungan masyarakat sangat lekat dengan pelajaran ilmu komunikasi, manajemen humas, marketing public relation, teknik MC, protokoler, hingga hubungan media.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1246 seconds (0.1#10.140)