7 Jurusan Vokasi Paling Banyak Dibutuhkan Dunia Kerja, Kecil Peluang Jadi Pengangguran

Sabtu, 15 Juli 2023 - 15:24 WIB
loading...
A A A
Saat kamu lulus dari jurusan ini, kamu bisa menjadi seorang ahli event organizer, biro kehumasan, MC, dan pegawai pemerintahan. Yaps, beberapa kampus ini bisa kamu jadikan alternatif untuk berkuliah, antara lain Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Diponegoro, Universitas Sebelas Maret Surakarta

5. Perpajakan

Jurusan Perpajakan memang sangat dibutuhkan oleh banyak perusahaan di Indonesia. Setiap perusahaan pasti membutuhkan tenaga ahli pajak.Saat masuk di jurusan ini, kamu pasti akan mendapatkan materi tata cara perpajakan (KUP), PBB, bea materai, akuntansi pajak, hingga menghitung PPh.



Jadi, ketika lulus kamu pasti akan sangat mahir mengenai materi-materi ini. Sehingga kamu pun pasti sudah siap menjadi seorang ahli pajak baik di lingkup pemerintah maupun swasta. Kalau ingin mengambil jurusan ini, kamu bisa berkuliah di Universitas Diponegoro, Universitas Sebelas Maret Surakarta, Universitas Indonesia, dan Universitas Airlangga.

6. Analis Medis

Analis medis merupakan salah satu jurusan vokasi yang sedang banyak digandrungi semua orang. Dalam jurusan ini kamu akan belajar banyak tentang pelayanan pemeriksaan, teknik laboratorium medis, fisiologi, urinalisa dan cairan tubuh hingga penentuan jenis penyakit. Dalam keseharian, jurusan Analis Media akan terbiasa dengan seluruh komponen yang ada di dalam Laboratorium Patologi Klinik.

Hingga lulus pun tenaga ahli seperti ini masih sangat dibutuhkan di berbagai rumah sakit di Indonesia sebagai laboran dan staf ahli dalam laboratorium. Bagi kamu yang ingin melanjutkan studi di analis medis, kamu bisa berkuliah di Universitas Airlangga, Universitas Padjajaran, dan Poltekkes di Indonesia.

7. Radiologi

Jurusan radiologi sangat dibutuhkan oleh seluruh rumah sakit di Indonesia. Dalam jurusan ini pasti akan lekat dengan implementasi radiasi gelombang pada tubuh manusia. Tentunya dalam jurusan ini sangat dibutuhkan karena mampu mengetahui kondisi tubuh manusia melalui radiasi sinar-x. Selama perkuliahan, kamu akan dikenalkan dengan pemahaman fisika radiasi, pemahaman fisiologi, anatomi, hingga kemampuan analis.

Maka dari itu, setelah lulus pun tenaga ahli ini sangat dibutuhkan untuk menjadi seorang radiografer, ahli terapis radiologi, hingga ahli teknologi pengobatan nuklir.Jurusan radiologi ini tersedia di berbagai kampus di Indonesia, antara lain Universitas Airlangga, Politeknik Kesehatan Jakarta, Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang.
(wyn)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1478 seconds (0.1#10.140)