Begini Cara Daftar KIP Kuliah Bagi Calon Mahasiswa, Masih Tersedia untuk Jalur Mandiri

Minggu, 16 Juli 2023 - 13:07 WIB
loading...
Begini Cara Daftar KIP Kuliah Bagi Calon Mahasiswa, Masih Tersedia untuk Jalur Mandiri
Masih dibuka untuk jalur mandiri, simak cara daftar KIP Kuliah untuk calon mahasiswa. Foto/SINDOnews.
A A A
JAKARTA - Cara daftar Kartu Indonesia Pintar ( KIP ) Kuliah untuk calon mahasiswa baru yang akan meneruskan pendidikannya setelah lulus SMA penting untuk diketahui. Simak baik-baik langkahnya satu per satu.

Beasiswa KIP Kuliah atau yang juga dikenal dengan KIP Kuliah Merdeka merupakan program pemerintah yang mendukung seorang pelajar untuk bisa meneruskan pendidikannya, walau keadaan ekonomi kurang baik.

KIP Kuliah Merdeka bertujuan untuk meningkatkan potensi ekonomi dan mobilitas sosial bagi mahasiswa dari keluarga miskin/rentan miskin untuk berkuliah.

Pada 2023, pemerintah melalui Puslapdik Kemendikbudristek kembali menyalurkan bantuan untuk melanjutkan pendidikan tinggi ribuan mahasiswa penerima KIP Kuliah Merdeka.

Kemendikbudristek juga menjamin kelancaran penyaluran KIP Kuliah dan Bidikmisi yang masih berjalan sampai sekarang. Untuk kamu yang tertarik ingin mengikuti program beasiswa ini, bisa simak cara daftar KIP Kuliah Merdeka untuk calon mahasiswa.

Perlu diketahui, saat ini pendaftaran KIP Kuliah yang masih dibuka adalah untuk calon mahasiswa di jalur Seleksi Mandiri di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan kampus swasta. Untuk PTS dibuka hingga 31 Oktober 2023 dan PTN sampai 7 Oktober 2023.

Cara Daftar KIP Kuliah Merdeka Untuk Calon Mahasiswa

1. Melakukan Pendaftaran Akun


Siswa melakukan pendaftaran akun secara mandiri melalui laman resmi KIP Kuliah Merdeka. Untuk pendaftaran akun di laman KIP Kuliah Merdeka, calon penerima harus memasukan data yang valid di Data Pokok Pendidikan (Dapodik) Kemendikbudristek.

Calon penerima juga diminta memiliki email aktif untuk pengiriman nomor pendaftaran dan kode akses setelah system KIP Kuliah Merdeka berhasil melakukan validasi NIK, NISN, dan NPSN.

2. Memasukkan NIK, NISN, NPSN, dan Email


Langkah kedua adalah memasukkan NIK, NISN, NPSN, dan alamat email yang aktif. Karena syarat pendaftaran memerlukan data yang valid. Alamat email akan dikirim nomor pendafraran dan kode akses akun KIP Kuliah Merdeka.

3. Validasi NIK, NISN, dan NPSN


Pada tahap ini data yang sudah dimasukkan akan melalui proses validasi. Jika proses validasi berhasil, sistem KIP Kuliah Merdeka akan mengirimkan nomor pendaftaran dan kode akses ke alamat email yang didaftarkan.

4. Login Ke Laman KIP Kuliah Merdeka


Siswa masuk ke laman KIP Kuliah Merdeka dengan memasukan nomor pendaftaran dan kode akses yang sudah dikirimkan melalui email. Untuk menyelesaikan proses pendaftaran KIP Kuliah Merdeka dan memilih proses seleksi yang akan diikuti (SNBT/SNBP/Mandiri).

5. Menyelesaikan Proses Pendaftaran


Siswa segera menyelesaikan proses pendaftaran di laman KIP Kuliah Merdeka sesuai jalu yang seleksi yang telah dipilih melalui jalur SNBP/SNBT/Mandiri.

6. Verifikasi Hasil


Terakhir cara mendaftar KIP Kuliah Merdeka untuk calon mahasiswa adalah calon penerima KIP Kuliah Merdeka yang telah diterima di perguruan tinggi, dapat dilakukan verifikasi lebih lanjut oleh perguruan tinggi. sebelum diusulkan ke Puslapdik sebagai mahasiswa penerima KIP Kuliah Merdeka.

Demikian tadi cara daftar KIP Kuliah Merdeka untuk calon mahasiswa yang ingin masuk kuliah jalur mandiri di PTN dan PTS. Semoga informasi ini bermanfaat ya.

MG/Zulfa Zakariyya
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0996 seconds (0.1#10.140)