Perbedaan Kalimat Aktif dan Pasif Beserta Contohnya

Senin, 17 Juli 2023 - 08:35 WIB
loading...
Perbedaan Kalimat Aktif dan Pasif Beserta Contohnya
Perbedaan antara kalimat aktif dan pasif berikut dengan contoh kalimatnya. Foto/Getty Images.
A A A
JAKARTA - Perbedaan kalimat aktif dan kalimat pasif beserta contohnya menarik untuk kita simak. Dalam belajar Bahasa Indonesia kita pernah menemukan kalimat aktif dan kalimat pasif. Kedua kalimat ini mempunyai fungsi yang hampir mirip, yakni menyatakan isi pikiran yang disampaikan secara tertulis.

Untuk membedakan kalimat aktif dan kalimat pasif sebetulnya sangat sederhana. Kita bisa mengenali ciri dari isi kalimat tersebut. Maka dari itu, apa yang membedakan antara kalimat aktif dan kalimat pasif?

Perbedaan Kalimat Aktif dan Pasif Beserta Contohnya

Pengertian Kalimat Aktif


Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia kalimat aktif adalah kalimat yang subjeknya melakukan perbuatan dalam predikat verbalnya.

Baca juga: Teks Eksposisi: Penjelasan, Struktur, dan Contoh

Secara sederhana kalimat aktif merupakan kalimat yang subjeknya melakukan aktivitas, tindakan, dan perbuatan. Jika subjek melakukan tindakan atau perbuatan yang dinyatakan predikat.

Maka kalimat tersebutlah yang dinamakan kalimat aktif. Kalimat aktif biasanya terdapat pada kalimat yang predikatnya merupakan kata kerja atau verba aktif. Seperti mencuci, menggambar, menulis, dan sebagainya.

Contoh Kalimat Aktif

Beberapa contoh kalimat aktif yang perlu diketahui :

Kakak menulis buku di ruang tamu.
Andi mencuci bola di siang hari.
Reno memasak sayur kangkong di dapur.

Pengertian Kalimat Pasif


Kalimat pasif adalah kebalikan dari kalimat aktif. Kalimat pasif adalah kalimat yang subjeknya merupakan tujuan dari perbuatan dalam predikat verbalnya. Kalimat ini menjelaskan bahwa objek adalah pelaku yang aktif melakukan aktivitas atau tindakan.

Contoh Kalimat Pasif


Beberapa contoh kalimat aktif yang perlu diketahui :

Ikan bakar di meja dimakan oleh Rexa.
Musik itu dimainkan oleh Kiki.
Sepatu roda digunakan oleh Akmal.

Baca juga: Tahun Ajaran Baru Dimulai, Ini 5 Cara Melawan Malas Masuk Sekolah Usai Liburan

Perbedaan Kalimat Aktif dan Kalimat Pasif


Perbedaan antara kedua kalimat tersebut dapat kita simak setelah menjabarkan keduanya mengenai pengertian dan contoh kalimatnya. Untuk mengetahui lebih lanjut, kamu bisa menyimak penjelasan berikut ini.

Predikat yang ada pada kalimat aktif memiliki imbuhan me- atau ber-, sedangkan kalimat pasif memiliki imbuhan di-, ter-, ke-, an-.

Pada kalimat aktif tidak memerlukan frasa ‘dengan’ atau ‘oleh’, sedangkan kalimat pasif memerlukan frasa ‘dengan’ atau ‘oleh’.

Kalimat aktif lebih fokus pada subjek yang melakukan aktivitas atau tindakan, sedangkan kalimat pasif fokus pada tindakan atau aktivitas yang diterima oleh subjek.

MG/Zulfa Zakariyya
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2042 seconds (0.1#10.140)