Tahun Ajaran Baru Dimulai, Ini 5 Cara Melawan Malas Masuk Sekolah Usai Liburan

Rabu, 12 Juli 2023 - 17:18 WIB
loading...
Tahun Ajaran Baru Dimulai, Ini 5 Cara Melawan Malas Masuk Sekolah Usai Liburan
Ini 5 cara melawan rasa malas masuk sekolah usai liburan. Foto/ANTARA FOTO/Arif Firmansyah/hp.
A A A
JAKARTA - Setelah menikmati liburan panjang, kini saatnya para siswa memasuki tahun ajaran baru . Namun bagaimana jika malas melanda masuk sekolah usai liburan?

Setelah puas dengan melakukan kegiatan yang disukai selama liburan, sekarang saatnya kembali ke sekolah. Namun pasti banyak siswa yang merasa kurang semangat bahkan malas untuk kembali ke rutinitas sekolah.

Hal ini jangan terlalu lama dibiarkan karena bisa berpengaruh ke performa belajar. Alhasil nilai pun akan anjlok.

Dikutip dari laman BPK Penabur, berikut ini lima cara melawan rasa malas masuk sekolah yang perlu diketahui siswa dan juga orang tua.

5 Cara Melawan Malas Masuk Sekolah

1. Bangun Lebih Pagi


Menurut psikolog, salah satu cara untuk melawan rasa malas usai liburan adalah dengan membiasakan diri dengan rutinitas sehari-hari saat sekolah.

Cobalah dengan bangun lebih awal. Sebaiknya, biasakan bangun lebih awal sejak sebelum masa liburan selesai, agar kamu lebih mudah bangun pagi saat mulai bersekolah.

Baca juga: Memasuki Tahun Ajaran Baru, MPLS Menyenangkan Harus Diwujudkan

Bukan itu saja, hindari tidur terlalu malam sebab tidur larut membuat waktu tidur jadi lebih singkat dan membuatmu malas untuk bangun pada esok harinya.

Rasa ngantuk inilah yang menjadi faktor penyebab kalian tak bersemangat dan malas-malasan berangkat ke sekolah.

2. Siapkan Diri dengan Menggunakan Kalender


Cara lainnya untuk mengatasi rasa malas ke sekolah usai libur panjang yaitu dengan mengingatkan diri dengan bantuan kalender. Hal ini bisa menjadi cara untuk menyiapkan mental saat harus kembali bersekolah.
Misalnya, hari pertama masuk sekolah yaitu pada 10 Juli 2023, maka beri tanda pada kalender di tanggal tersebut agar terlihat jelas. Hal ini akan melatih mental kalian sehingga akan lebih siap ketika harus mulai bersekolah lagi.

3. Selesaikan Semua Tugas Rumah


Biasanya, sebelum libur sekolah siswa akan diberi banyak tugas. Sebelum kembali ke sekolah, pastikan semua PR tersebut sudah diselesaikan. Jangan sampai ditunda-tunda, lalu tanpa disadari ternyata liburanmu sudah hampir berakhir.

Kalau kamu terbiasa mengerjakan tugas mendekati hari masuk sekolah, sebaiknya segera ubah kebiasaan ini. Karena bisa saja pekerjaanmu tidak selesai. Mengerjakan tugas selama masa liburan juga akan membantu mengurangi rasa malas kamu untuk kembali belajar.

Baca juga: Ada Sejarah Penting di Balik Tahun Ajaran Baru Selalu Dimulai Bulan Juli

4. Buat Perencanaan yang Matang


Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, tahun ajaran baru ini menjadi kesempatan kamu untuk meningkatkan prestasi. Jadi, sebelum kembali ke rutinitas sebagai seorang siswa, tidak ada salahnya untuk membuat persiapan dan rencana lebih dahulu.

Seperti mempersiapkan seragam, peralatan sekolah, hingga membuat target belajar. Contohnya, kalau di semester sebelumnya kamu berhasil masuk ranking 10 besar, sekarang kamu bisa membuat target untuk masuk ke 5 besar. Dengan adanya rencana dan target, kamu akan lebih termotivasi untuk belajar.

5. Ikut Bimbingan Belajar


Kalau kamu merasa kesulitan belajar dan butuh bimbingan profesional, mengikuti bimbingan belajar menjadi salah satu cara yang tepat. Terutama untuk kamu yang akan mengikuti Ujian Nasional. Sekarang ini tidak hanya tersedia bimbingan belajar tatap muka, tapi juga ada secara online.

Pilih bimbingan belajar yang memiliki konsep fun learning, sehingga kegiatan ini terasa lebih menyenangkan dan kamu bisa menemukan hal baru selama prosesnya.

Demikian 5 cara melawan rasa malas masuk sekolah usai liburan. Semoga informasi ini bermanfaat bagi pembaca setia SINDOnews.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6371 seconds (0.1#10.140)