Lolos IISMA, Mahasiswa Unesa Ini akan Kuliah di Ibu Kota Kebudayaan Eropa

Senin, 17 Juli 2023 - 09:03 WIB
loading...
Lolos IISMA, Mahasiswa Unesa Ini akan Kuliah di Ibu Kota Kebudayaan Eropa
Mahasiswa S1 Unesa Fiki Andriansah berhasil lolos IISMA 2023 ke Vytautas Magnus University (VMU), Lithuania. Foto/Unesa.
A A A
JAKARTA - Mahasiswa S1 Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Negeri Surabaya (Unesa) berhasil lolos Indonesian International Student Mobility Award (IISMA) 2023. Dia akan kuliah satu semester di Vytautas Magnus University (VMU), Lithuania.

Selama satu semester, Agustus 2023-Januari 2024, Fiki akan berkuliah di Kota Kaunas, salah satu ibu kota kebudayaan Eropa. VMU merupakan perguruan tinggi negeri yang terkenal dengan program hubungan internasionalnya yang sukses dengan universitas lain di seluruh dunia. Sebanyak 15 persen mahasiswanya merupakan mahasiswa asing.

Mengapa memilih Lithuania? Fiki menjelaskan, Lithuania memiliki kesan tersendiri dalam aspek kebudayaan. Pemilihan kampus itu juga dilihat dari program yang menurutnya menjawab akan pertanyaannya terkait sejarah dan budaya.

Baca juga: Kemendikbudristek: Alumni IISMA Cepat Dapat Kerja Bahkan Direkrut sebelum Lulus

“VMU ini selain baik dari segi birokrasi, masyarakatnya juga terbuka dengan orang-orang muslim, bahkan ada masjid di kampus biar ga kesusahan buat nyari tempat buat ibadah. Di luar itu tentu aspek kebudayaannya menjadi daya tarik sendiri,” katanya, dikutip dari laman Unesa, Senin (16/7/2023).

Di VMU, Fiki akan terlibat dalam beberapa program yang meliputi Lithuanian Folklore, Traditions, Mythology. Salah satu yang akan dibahas dalam program itu ialah terkait masalah kesinambungan, transformasi, atau hilangnya tradisi atau budaya tertentu.

"Ini sesuai minat saya untuk memahami perubahan budaya dan tantangan yang dihadapi oleh tradisi-tradisi di era globalisasi ini. Apalagi mitologi yang juga identik dengan daerah asalku, sehingga saya bisa tahu pemahaman yang lebih mendalam tentang pentingnya melestarikan tradisi yang sama,” ucapnya.

Melalui program itu, Fiki juga akan terlibat langsung dalam diskusi dan kolaborasi dengan mahasiswa internasional lainnya, yang akan membuka perspektif yang lebih luas dan memperkaya pengalaman belajarnya tentang tradisi.

Baca juga: Cerita Perjuangan Ezri, Mahasiswa Asal Papua yang Sukses Tembus IISMA ke Italia

Mahasiswa asal Ponorogo ini, juga akan mempelajari perubahan sosial dalam konteks modernisme, postmodernisme, kapitalisme, dan liberalisme. Dia menyebut pemahaman konsepsi perubahan sosial yang diperoleh akan memberikan landasan yang kuat untuk menginterpretasikan dan merespons fenomena sosial yang beragam.

Fiki berharap, setelah menyelesaikan studinya di VMU, dia dapat melanjutkan dengan melakukan pengabdian masyarakat. Inisiatif itu bagian dari orientasinya untuk memberikan manfaat kepada masyarakat, utamanya di kampung halamannya.

"Kesempatan luar biasa ini akan saya manfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk menggali lebih banyak pengalaman, wawasan dan ilmu pengetahuan yang bisa menjadi bekal penting buat saya pulang nanti," pungkasnya.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2390 seconds (0.1#10.140)