Ini Peluang Karier dan Gelar Jurusan Teknik Industri, Masa Depan dalam Genggaman?

Rabu, 19 Juli 2023 - 08:10 WIB
loading...
Ini Peluang Karier dan Gelar Jurusan Teknik Industri, Masa Depan dalam Genggaman?
Secara umum jurusan teknik industri merupakan bidang ilmu yang mempelajari terkait optimalisasi kegiatan ekonomi. Masa depan lulusan jurusan Teknik Industri sangat menjanjanjikan. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini prospek kerja jurusan Teknik Industri dan juga gelarnya. Kalian berminat untuk menjadi seorang engineering manager atau menjadi seorang project manager? Mungkin kalian akan cocok dengan jurusan teknik industri.

Secara umum jurusan teknik industri ini merupakan bidang ilmu yang mempelajari terkait optimalisasi kegiatan ekonomi, mulai dari produksi, pengelolaan, dan lain sebagainya. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut informasi jurusan Teknik Industri, mata kuliah, gelar dan prospek kerjanya.

5 Prospek Kerja Jurusan Teknik Industri

1. Engineering Manager

Tentu kita semua telah mengetahui bahwa engineering menjadi salah satu divisi perusahaan dengan prospek teknik industri yang baik. Tugas seorang engineering manager diantaranya menyusun sumber daya dan rencana kerja suatu proyek. Untuk bisa menjabat sebagai engineering manager, kalian perlu meraih gelar sarjana teknik dan memiliki pengalaman bekerja di bidang engineering minimal lima tahun.

2. Project Manager

Seorang project manager bertanggung jawab atas perencanaan serta pengaturan suatu proyek agar dapat berjalan sesuai rencana. Tentunya seorang project manager akan memastikan bahwa proyek tersebut dapat terlaksana sesuai dengan waktu, budget, serta lingkup yang tepat.



Untuk bisa menjabat sebagai project manager, kalian juga harus bisa menguasai communication skill yang baik agar pekerjaan dapat berjalan selaras sesuai tujuan.

3. Quality Controller

Quality controller menjadi salah satu prospek kerja bagi lulusan teknik industri yang nantinya bertugas untuk memastikan bahwa suatu produk telah memenuhi standar kualitas yang ditetapkan oleh perusahaan.Baik itu terkait ketahanan maupun kekuatan suatu produk.Gaji yang ditawarkan untuk posisi sebagai quality controller berkisar antara Rp1 juta hingga Rp10 juta per bulan.

4. Product Analyst

Product analyst akan bertugas mengembangkan strategi marketing yang paling tepat bagi suatu produk dan membandingkan produk tersebut dengan tren industri supaya perusahaan tersebut memperoleh keuntungan. Sehingga bagi kalian yang berminat untuk menjabat sebagai product analyst, maka kalian akan memerlukan kemampuan analisis dalam menginterpretasikan market data.

5. Health and Safety Officer

Peran seorang health and safety officer yaitu untuk mencegah terjadinya kecelakaan kerja serta berbagai penyakit yang ditimbulkan di lingkup pekerjaan tersebut. Jika kalian berminat menjadi seorang Health and Safety Officer, pekerjaan ini mampu menghasilkan gaji kisaran Rp1 juta hingga Rp11 juta per bulan tergantung perusahaannya.

Sejumlah Mata Kuliah Jurusan Teknik Industri

Berikut beberapa daftar mata kuliah yang akan kalian temui di jurusan teknik industri:

1. Matematika
2. Teori probabilitas
3. Kalkulus
4. Matriks dan ruang vektor
5. Fisika dasar
6. Kimia dasar
7. Gambar teknik
8. Material teknik
9. Mekanika teknik dasar
10. Statistika industri
11. Elektronika industri
12. Psikologi industri
13. Proses manufaktur
14. Praktikum perancangan sistem terintegrasi
15. Analisis biaya
16. Pemodelan sistem
17. Rekayasa sistem kerja
18. Pengendalian dan penjaminan mutu
19. Perencanaan dan pengendalian produksi
20. Otomasi sistem produksi

Mengenal Jurusan Teknik Industri

Teknik industri merupakan salah satu jurusan di ranah Saintek yang mempelajari terkait optimalisasi kegiatan ekonomi seperti produksi, pengelolaan, dan lain sebagainya.

Pada dasarnya, teknik industri ini merupakan turunan dari teknik mesin. Namun, jurusan teknik industri lebih berfokus pada perancangan, peningkatan, serta pemasangan sistem terintegrasi yang membutuhkan peran manusia, peralatan, material dan energi.



Teknik industri sendiri dibagi menjadi tiga bidang besar meliputi sistem manufaktur, manajemen industri, dan sistem industri serta tekno ekonomi. Pada sistem manufaktur, kalian akan mempelajari terkait peningkatan produktivitas serta kualitas sistem produksi.
Sedangkan pada manajemen industri, mahasiswa akan mempelajari terkait manajemen keuangan, operasional, serta manajemen inovasi.

Pada bagian sistem industri dan tekno ekonomi, mahasiswa harus mempelajari terkait logistik, statistik, penelitian operasional, dan sistem basis data. Apabila kalian berhasil menyelesaikan studi teknik industi, maka kalian akan mendapat gelar Sarjana Teknik atau yang biasa disingkat sebagai S.T.

Pengetahuan dan Keahlian Teknik Industri

1. Kemampuan untuk berpikir sistematis
2. Kemampuan dalam melakukan analisis
3. Kemampuan manajerial
4. Kemampuan dalam membuat keputusan
5. Kemampuan problem solving
6. Pemahaman matematika
7. Pemahaman teknologi dasar
8. Kemampuan bekerja dalam tim
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1870 seconds (0.1#10.140)