Ini Peluang Kerja Jurusan Teknik Logistik, Perusahaan Ekspor Impor Salah Satunya

Rabu, 19 Juli 2023 - 13:16 WIB
loading...
Ini Peluang Kerja Jurusan Teknik Logistik, Perusahaan Ekspor Impor Salah Satunya
Teknik Logistik merupakan salah satu keilmuan bagian dari Teknik Industri yang baru di Indonesia.Salah satu peluang kerja Teknik Logistik adalah di perusahaan ekspor import. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini peluang kerja jurusan Teknik Logistik . Apa sih jurusan teknik logistik? Bagaimana dengan peluang kerja nantinya? Dan apakah prospek kerjanya nanti menjanjikan?

Berondongan pertanyaan di atas wajar dikemukakan mengingat jurusan Teknik Logistik masih asing di telinga kita. Padahal ke depan, prosek kerja jurusan Teknik Logistik sangat terbuka luas di dunia bisnis yang terus berkembang saat ini. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut informasi mengenai jurusan Teknik Logistik beserta peluang kerjanya.

Informasi Mengenai Teknik Logistik dan Peluang Kerjanya

Apa Itu Teknik Logistik?

Jurusan satu ini mungkin masih terdengar asing bagi banyak orang. Yap, memang benar Teknik Logistik merupakan salah satu keilmuan bagian dari Teknik Industri yang baru hadir di Indonesia beberapa tahun terakhir.

Program studi satu ini hanya ada beberapa perguruan tinggi di Indonesia. Keilmuan ini membahas ilmu logistik yang berfokus pada keteknikannya. Program studi ini akan mempelajari lebih dalam mengenai perancangan dan manajemen mengenai aliran barang, informasi dan uang dari satu titik asal ke titik lainnya.

Program studi ini berbeda dengan Manajemen Logistik karena Teknik Logistik lebih mengutamakan perencanaan, pemecahan masalah dengan prinsip keteknikan menggunakan ilmu-ilmu eksak. Sedangkan Manajemen Logistik lebih berfokus mengenai manajemennya.



Program studi ini bisa ditemui di Universitas Internasional Semen Indonesia, Universitas Telkom dan Universitas Pertamina, sebagai universitas pertama yang menyediakan cabang keilmuan ini. Jadi untuk kamu semua yang berencana melanjutkan pendidikan di tempat yang strategis, Universitas Pertamina bisa menjadi pilihan tepat karena terletak di Ibukota.

Apa Saja Prospek Karier Jurusan Teknik Logistik?

Perlu diketahui bahwa program studi ini sangat erat kaitannya dengan supply chain. Oleh karena itu, jika kalian ingin berkarier di dunia supply chain atau yang serupa, Teknik Logistik bisa menjadi pilihan yang tepat.

Karier lulusan Teknik Logistik sangat luas jangkauannya, mereka bisa bekerja di perusahaan ekspor, impor, perusahaan yang bergerak dalam bidang transportasi distribusi, industri migas bahkan logistik kemanusiaan, bidang logistik yang berfokus pada isu kemanusiaan seperti peperangan dan bencana alam.

Beberapa posisi yang bisa diambil alih lulusan Teknik Logistik di antaranya, Logistik Analis, Manajer Logistik hingga Manajer Gudang dan Distribusi. Logistik merupakan bagian penting dari suatu perusahaan atau industri dan hampir seluruh dari mereka membutuhkan sumber daya manusia yang kompeten dalam bidang ini.



Jadi lulusan Teknik Logistik pasti akan memiliki peluang yang besar untuk bekerja di suatu perusahaan maupun industri. Tidak hanya itu, saat ini permintaan akan sumber daya manusia terkait keilmuan ini sangat tinggi, karena tingkat performance logistik yang masih rendah sehingga banyak membutuhkan tenaga ahli yang berkompeten.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4897 seconds (0.1#10.140)