16 Universitas di Indonesia yang Membuka Jurusan Pertambangan Terbaik, Ini Daftarnya

Kamis, 20 Juli 2023 - 06:24 WIB
loading...
16 Universitas di Indonesia yang Membuka Jurusan Pertambangan Terbaik, Ini Daftarnya
Bekerja di dunia pertambangan disebut cukup menjanjikan. Di Indonesia setidaknya ada 16 universitas yang membuka jurusan Pertambangan. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini daftar universitas di Indonesia yang membuka Jurusan Pertambangan . Bekerja dalam bidang pertambangan menjadi incaran banyak orang. Bagaimana tidak, industri ini adalah salah satu industri yang sangat menjanjikan.

Apalagi, Indonesia adalah negara yang memiliki kekayaan sumber daya alam melimpah termasuk dalam sektor tambang di mana SDM yang andal di bidang pertambangan nantinya sangat dibutuhkan.Dirangkum dari berbagai sumber, berikut 10 universitas di Indonesia yang memiliki Jurusan Pertambangan.

Daftar 16 Universitas yang Ada Jurusan Pertambangan di Indonesia

1. Institut Teknologi Bandung

Siapa yang tak mengenal Institut Teknologi Bandung atau lebih dikenal dengan sebutan ITB? rasanya hampir semua orang mengetahui keberadan salah satu universitas terbaik ini di Indonesia.

Sebagai salah satu universitas bergengsi dan memiliki mutu pendidikan yang tinggi, ITB juga menjadi salah satu universitas yang ada jurusan pertambangan di Indonesia sejak tahun 1959.

Jurusan Teknik Pertambangan di ITB merupakan salah satu program pendidikan yang ada dalam Fakultas Pertambangan dan Perminyakan. Jurusan ini telah mendapatkan akreditasi dengan predikat A, sangat keren bukan? siapa yang ingin berkuliah di sini?

2. Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta

Universitas yang ada jurusan pertambangan di Indonesia kedua adalah Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta yang berada di Kabupaten Sleman.Universitas yang juga dikenal dengan sebutan UPNVY ini juga merupakan salah satu universitas yang memiliki Jurusan Teknik Pertambangan terbaik di Indonesia. Di mana jurusan ini telah mendapatkan akreditas dengan predikat B.

Bagi kamu yang tertarik berkuliah dengan Jurusan Teknik Pertambangan di universitas ini, kamu akan diberikan beragam fasilitas dan proses pembelajaran yang mumpuni dengan dosen-dosen yang profesional dan tentunya sudah berpengalaman dalam bidangnya.

3. Universitas Hasanuddin

Universitas yang ada jurusan pertambangan di Indonesia ketiga adalah Universitas Hasanuddin atau dapat juga disebut dengan Unhas. Universitas yang berlokasi di Makassar, Sulawesi Selatan ini juga memiliki Jurusan Teknik Pertambangan yang tidak kalah hebatnya dengan ITB dan UPNVY.



Di sini, Jurusan Teknik Pertambangan sudah mendapatkan akreditas dengan predikat B, keren bukan? Selain itu, Unhas juga berupaya memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan bagi para mahasiswa jurusan ini dengan memberikan metode pembelajaran terbaik melalui dosen-dosen yang sudah berpengalaman.

4. Universitas Sriwijaya

Universitas Sriwijaya di Kota Palembang juga termasuk ke dalam universitas yang memiliki Jurusan Teknik Pertambangan terbaik dengan akreditasi B Sayangnya, persaingan untuk memasuki Jurusan Teknik Pertambangan di universitas ini terbilang sangat sulit. Jadi persiapkan dirimu dengan baik ya agar bisa bersaing mengamankan salah satu kursi di jurusan ini

5. Universitas Trisakti

Salah satu universitas swasta yang memiliki jurusan Teknik Pertambangan di Indonesia adalah Universitas Trisakti yang terletak di Daerah Ibu Kota Jakarta. Jurusan Teknik Pertambangan di sini sudah terakreditasi B dan masuk ke dalam Fakultas Teknik Kebumian dan Energi dengan jenjang untuk S1.

6.Universitas Muhammadiyah Maluku Utara

7.Sekolah Tinggi Teknologi Industri Padang


8.Universitas Lambung Mangkurat


9.Institut Teknologi Medan


10.Universitas Negeri Padang


11.Universitas Cendrawasih


12.Universitas Muslim Indonesia


13.Institut Teknologi Adhitama Surabaya


14.Universitas Syiah Kuala


15.Universitas Pejuang Republik Indonesia


16.Universitas Islam Negeri Jakarta


Bagaimana Prospek Kerja Jurusan Pertambangan?

Salah satu hal yang menjadi perhatian khusus banyak orang ketika mencoba untuk memilih jurusan kuliah adalah bagaimana prospek kerja ke depannya.

Ini adalah hal yang wajar mengingat hampir semua orang pasti ingin memiliki masa depan cerah dengan pekerjaan yang layak sesuai dengan jurusan yang akan mereka tempuh.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.8998 seconds (0.1#10.140)