10 Sekolah Jurusan Tata Boga Favorit, Karier Jadi Chef Terbuka Lebar

Sabtu, 22 Juli 2023 - 11:24 WIB
loading...
10 Sekolah Jurusan Tata Boga Favorit, Karier Jadi Chef Terbuka Lebar
Sekolah Kuliner Budi Mulia Dua yang berada di Jalan Tajem, Namporejo, Yogyakarta menjadi salah satu sekolah memasak yang direkomendasikan bagi kamu yang ingin menjadi chef profesional. Foto/vokasi.co.id
A A A
JAKARTA - Ini sejumlah sekolah (universitas dan sekolah) dengan jurusan Tata Boga terbaik. Kamu berminat kuliah di jurusan Tata Boga? Jurusan ini biasanya dikenal dengan lulusannya yang berprofesi sebagai chef. Maraknya bisnis kuliner dan kesempatan karier di bidang kuliner ternyata membuat jurusan ini sangat diminati oleh banyak kalangan.

Selain belajar tentang boga, jurusan Tata Boga juga mengajarkan tentang ilmu pastry dan lainnya. Tentunya, setelah lulus pun kamu akan mendapatkan skill yang memang benar-benar terjamin. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut 10 sekolah dengan jurusan Tata Boga terbaik di Indonesia.

10 Sekolah Jurusan Tata Boga Terbaik di Indonesia

1.Universitas Negeri Jakarta

Perguruan tinggi negeri di Jakarta ini, ternyata juga punya jurusan tata boga yang telah akreditasi A. Jurusan Tata Boga Universitas Negeri Jakarta ini tersedia dalam 2 program, yaitu D3 dan S1.

Setelah lulus, alumninya akan mendapatkan gelar sebagai sarjana pendidikan. Di dalam perkuliahan, mahasiswa akan diajarkan tentang pengetahuan tentang kuliner dan pastry. Jurusan Tata Boga di Universitas Negeri Jakarta (UNJ) menyediakan pendidikan dan pelatihan yang berkualitas untuk menghasilkan lulusan yang berkompeten dalam bidang ini.

2.Universitas Negeri Yogyakarta

Perguruan tinggi yang terletak di Kota Yogyakarta ini rupanya juga menawarkan program studi S1 Pendidikan Tata Boga. Gak cuma S1 aja lho, di kampus ini ternyata juga menawarkan program studi D3. Yang mana kamu akan mendapatkan ilmu dari teknik boga murni.

Jika kamu menjadi salah satu mahasiswa di perguruan tinggi ini, kamu gak hanya mendapatkan ilmu seputar pastry dan boga saja. Namun, kamu juga akan mendapatkan ilmu mengenai perencanaan menu, resep, serta penyajian dari setiap hidangan.

3.Universitas Negeri Surabaya

Pada dasarnya, mata kuliah tata boga yang diampu di perguruan tinggi ini sama saja seperti perguruan tinggi lainnya. Namun, eksistensi Universitas Negeri Surabaya (Unesa) sebagai salah satu kampus favorit di Jawa Timur tentunya bisa memberikan pengalaman belajar yang mengesankan. Kamu bakal mempelajari lebih dalam tentang dekorasi boga, bakery, pastry dan manajemen usaha boga.

4.Universitas Negeri Malang

Masih di Provinsi Jawa Timur, perguruan tinggi yang satu ini berlokasi di Kota Malang. Sama seperti Unesa dan UNJ, Universitas Negeri Malang juga memiliki latar belakang di dunia pendidikan. Lulusannya pun akan bergelar S.Pd. Namun, di sini juga tersedia program D3 nya juga lho. Program D3 tata Boga Universitas Negeri Malang telah meraih akreditasi A dari BAN-PT.

5.Universitas Pendidikan Indonesia

Sama seperti perguruan tinggi yang lain, jurusan tata boga di perguruan tinggi ini ternyata peminatnya setiap tahun selalu meningkat. Peluang karir pada jurusan ini memang akhir-akhir ini sangat menjanjikan. Jadi banyak sekali yang menginginkan untuk memasuki jurusan ini.



Oh iya, di UPI sendiri biasanya hanya tersedia satu kelas besar untuk kelas tata boga. Di sini kamu akan diajarkan mengenai jasa boga, pastry, manajemen catering dan masih banyak lagi.

6.Sekolah Kuliner Budi Mulia Dua

Selain UNY, jurusan tata boga ternyata juga tersedia di kampus ini lho. Sekolah Kuliner yang sudah terkareditasi A oleh BANPT ini terletak di Jalan Tajem, Namporejo, Yogyakarta.

Di sekolah vokasi ini mengajarkan mahasiswanya untuk menjadi Chef atau pengusaha di bidang kuliner. Kamu pasti bakal diajarkan lebih detail mengenai pelatihan menjadi chef, bagaimana berbisnis kuliner yang benar dan tentunya pastry. Gak bisa dipungkiri lagi, kalau sekolah kuliner ini selalu menjadi jujukan para siswa ber-passion di kuliner.

7.Indonesia Patisserie School

Indonesia Patisserie School (IPS) ternyata merupakan sekolah kue pertama di Indonesia guys. Di sekolah ini kamu akan mendapatkan materi penuh dan detail mengenai dunia pastry. Sekolah yang terletak di Jakarta ini, sangat cocok buat kamu yang ingin memelajari seri dan pengetahuan mengenai dunia pastry.

8.The Sages Institute International

Bagi kamu yang kepengin mendapatkan sekolah pastry dan boga terbaik, kamu bisa banget menjatuhkan pilihan di sekolah ini nih. Sekolah yang terletak di kota Surabaya ini menyediakan program study Culinary art, Gastronomy, Baking Pastry dan Hospitality course.



Kampus ini mempunyai program D3 Seni Kuliner dengan kurikulum internasional. Soal akreditasi, sekolah ini gak usah diragukan lagi, The Sages Institute International telah mendapatkan akreditasi A

9.The Sages Institute International

Bagi kamu yang kepengin mendapatkan sekolah pastry dan boga terbaik, kamu bisa banget menjatuhkan pilihan di sekolah ini nih. Sekolah yang terletak di kota Surabaya ini menyediakan program study Culinary art, Gastronomy, Baking Pastry dan Hospitality course. Kampus ini mempunyai program D3 Seni Kuliner dengan kurikulum internasional. Soal akreditasi, sekolah ini gak usah diragukan lagi, The Sages Institute International telah mendapatkan akreditasi A

10.Tristar Culinary Institute

Sekolah kuliner yang terletak di kota Surabaya dan Jakarta ini ternyata merupakan salah satu Culinary Institut terbaik di Indonesia. Di sekolah ini, ada beberapa jurusan kuliner yang punya kualitas bagus lho. Seperti D1 Culinary Art, D1 Baking and Pastry Art, dan Culinary Business.

Namun, pada akhirnya dibuka juga program pendidikan formal dengan jenjang D3. Dibukanya program ini untuk mengakomodir keinginan siswa yang juga tidak hanya ingin mendapatkan keterampilan tetapi juga mendapatkan sertifikat dan gelar akademik yang diakui.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1214 seconds (0.1#10.140)