Kunjungi MNC Portal Indonesia, Mahasiswa Fisip UBK Berdiskusi Soal Independensi Media

Selasa, 25 Juli 2023 - 13:54 WIB
loading...
Kunjungi MNC Portal Indonesia, Mahasiswa Fisip UBK Berdiskusi Soal Independensi Media
Mahasiswa Fisip Universitas Bung Karno (UBK) melakukan kunjungan ke jajaran redaksi MPI di Jakarta, kemarin. Foto/wahyono sukoharyo
A A A
JAKARTA - Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip) Universitas Bung Karno (UBK) Jakarta hari ini melakukan audiensi ke MNC Portal Indonesia (MPI. Dalam kunjungannya, mahasiswa berdiskusi dengan awak MPI terkait banyak hal di antaranya perkembangan dunia digital kaitannya dengan media daring serta soal independensi media.

Dalam audensi, Pemimpin Redaksi Inews.id Zen Teguh Triwibowo yang mewakili MPI banyak memaparkan mengenai media-media portal di bawah MPI dan mekanisme kerjanya. Disinggung pula mengenai derasnya perkembangan dunia digital yang memengaruhi kerja-kerja jurnalistik media daring secara umum tak terkecuali media di bawah MPI.

Adi, salah satu mahasiswa UBK menyinggung mengenai independensi media daring khususnya yang dimiliki oleh pengusaha ataupun politisi. Dirinya mempertanyakan kemungkinan adanya intervensi ke ruang redaksi oleh pemilik media yang berprofesi sebagai pengusaha.

“Saya kira kalau intervensi secara langsung tidak pernah ada dari pengalaman kami. Intinya soal netralitas itu sebenarnya tidak ada di dunia ini. Terpenting media harus menjaga independensinya, yang secara teknis diterjemahkan dengan taat dan tunduk terhadap kaidah-kaidah jurnalistik,” papar Zen Teguh menimpali.



Dekan Fisip UBK, Franky P Roring mengatakan sangat senang atas sambutan jajaran MPI yang diberikan kepada pihaknya. “Saya ucapkan terima kasih kepada MPI atas waktunya kepada kami semua dalam kunjungan hari ini. Kunjungan ini saya anggap penting sebagai upaya mendekatkan dunia kampus seperti kami dengan dunia kerja, sehingga kampus tidak menjadi seperti menara gading yang tidak berpijak pada kenyataan,” ujar Franky dalam audiensi

Menurut Franky, berdiskusi langsung dengan jajaran redaksi MPI, maka pihaknya khususnya para mahasiswa berharap bisa mengambil pelajaran langsung mengenai tata kelola media daring di bawah naungan MPI. Dirinya juga berharap kedepan pihaknya bisa melakukan berbagai kerja sama dengan MPI, salah satunya bisa mengirim mahasiswa magang ke media di bawah MPI.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3190 seconds (0.1#10.140)