Ini Karier Pekerjaan Jurusan Teknik Perminyakan, Tak Sulit Dapat Gaji 2 Digit

Rabu, 26 Juli 2023 - 13:25 WIB
loading...
Ini Karier Pekerjaan Jurusan Teknik Perminyakan, Tak Sulit Dapat Gaji 2 Digit
Salah satu profesi yang bisa digeluti lulusan Teknik Perminyakan adalah Reservoir Engineer. Menurut perkiraan bahkan gaji Reservoir Engineer bisa menyentuh Rp100 juta per bulan. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini karier pekerjaan lulusan Teknik Perminyakan dan besar gajinya.Jurusan Teknik Perminyakan masuk dalam rumpun Fakultas Teknik di mana sudah menjadi rahasia umum bahwa alumni Fakultas Teknik rata-rata memiliki prospek kerja bagus. Tak terkecuali lulusan Teknik Perminyakan. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut peluang kerja jurusan Teknik Perminyakan di Indonesia.

Peluang Pekerjaan Jurusan Teknik Perminyakan Beserta Gajinya

1. Insinyur Perminyakan

Insinyur perminyakan adalah salah satu pekerjaan jurusan teknik perminyakan yang dapat Anda pilih. Tugasnya yaitu memperkirakan kemampuan pembuatan dan nilai ekonomis yang terdapat pada sumur minyak dan gas. Tak hanya itu saja, Anda juga akan turut bekerja untuk pengembangan rencana pengeboran ladang minyak dan gas.

Perkiraan gaji :Rp5 juta hingga Rp7 juta per bulannya.

2. Ahli Teknik Minyak Bumi

Jurusan teknik perminyakan memang jurusan yang sangat dibutuhkan, jadi tidak heran kalau pekerjaan jurusan ini tak akan terlalu jauh dengan sebutan ‘ahli’, seperti ahli teknik minyak bumi.

Ahli teknik minyak bumi ini punya tugas untuk mengonsep metode yang nantinya bisa meningkatkan penarikan minyak dan gas juga produksi untuk merubah desain peralatan.

Perkiraaan gaji :Rp5 juta hingga Rp7 juta per bulan.


3. Ahli Tambang

Pekerjaan di jurusan teknik perminyakan tak melulu di wilayah perminyakan saja. Untuk para lulusannya juga dapat merambah ke bidang pertambangan. Tugas seorang yang ahli tambang adalah meninjau lapisan permukaan yang berfungsi untuk mengidentifikasi karakteristik tanah.

Perkiraan gaji :Di awal karier, Anda bisa dapat penghasilan mulai dari Rp4,5 juta hingga Rp7 juta per bulannya.

4. Geological Data Technician

Seorang geological data technician biasanya mempunyai tugas utama untuk mengoperasikan atau menyesuaikan peralatan yang digunakan agar mendapatkan data geologi.

Gaji :Rata-rata Rp3,5 juta hingga Rp5 juta per bulan untuk fresh graduate.

5. Drilling Engineer

Tugas seorang drilling engineer adalah pada site pengeboran, tugasnya sudah jelas menjadi orang yang bertanggungjawab melakukan pengeboran minyak di site. Sebagai pelaksana operasi pemboran, seorang drilling engineer juga dilibatkan dalam penentuan biaya operasi dan maintenance sumur.

Perkiraan Gaji :Rp19.000.000-Rp33.000.000 per bulan

6.Petrolium Engineer

Petroleum Engineer atau ahli/insinyur Perminyakan merupakan salah satu bidang pekerjaan dengan gaji tertinggi saat ini, hal tersebut juga berlaku di Indonesia. Petroleum engineer umumnya lebih mengacu pada kegiatan explorasi serta produksi hidrokarbon yang melibatkan minyak dan gas alam, bahkan juga panas bumi.

Perkiraan Gaji : Rp35.000.000-Rp70.000.000 per bulan

7. Reservoir Engineer

Reservoir engineer adalah cabang dari petroleum engineering yang bertugas menentukan kelakuan sumur minyak, tingkat produksi, jumlah cadangan minyak dan gas dalam reservoir, serta proyeksi masa depan.

Perkiraan Gaji :Rp100 juta per bulan.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2917 seconds (0.1#10.140)