Mengenal Jurusan Teknik Perminyakan dan Prospek Kerjanya

Jum'at, 05 November 2021 - 22:19 WIB
loading...
Mengenal Jurusan Teknik Perminyakan dan Prospek Kerjanya
Prospek kerja lulusan jurusan teknik perminyakan sangat menjanjikan. Foto/Dok/Humas UP
A A A
JAKARTA - Mengingat Indonesia menjadi salah satu negara yang memiliki cadangan minyak terbesar di dunia maka tidak salah jika prospek kerja lulusan teknik perminyakan sangat menjanjikan. Jurusan teknik perminyakan pun bisa dilirik sebagai destinasi mencari jurusan di perguruan tinggi nanti.

Teknik perminyakan sendiri menurut laman Wikipedia adalah satu jurusan di perguruan tinggi yang berfokus kepada tambang minyak, gas, dan panas bumi, meliputi kegiatan pengeboran, eksplorasi, distribusi dan ekonomi migas.



Teknik perminyakan sendiri mirip dengan teknik pertambangan. Perbedaan antara keduanya, teknik pertambangan mempelajari bagaimana menambang benda padat seperti logam, batubara atau bahan galian lainnya.

Sedangkan teknik perminyakan mempelajari bagaimana menambang fluida (cairan dan gas).

Perguruan tinggi di Indonesia yang menyelenggarakan jurusan ini, diantaranya:
1. Institut Teknologi Bandung
2. Universitas Pertamina
3. UPN Veteran Yogyakarta
4. Universitas Trisakti
5. Universitas Jember
6. Universitas Islam Riau
7. Institut Teknologi dan Sains Bandung

Mengutip laman Universitas Pertamina di universitaspertamina.ac.id, Jumat (5/11/2021) prodi Teknik Perminyakan Universitas Pertamina menawarkan tiga konsentrasi bidang keilmuan yaitu teknik reservoir, teknik produksi, teknik pengeboran. Para mahasiswa juga akan belajar dan diajari langsung oleh para praktisi profesional.

Sedangkan laman resmi ITB di itb.ac.id menjelaskan, mahasiswa teknik perminyakan tidak hanya belajar mengenai minyak saja. Melainkan juga akan belajar mengenai gas bumi dan panas bumi.

Ketiga sumber daya alam ini biasanya dikenal dengan sebutan Hidrokarbon, mengingat bahwa komponen penyusunnya didominasi oleh unsur hidrogen dan karbon.

Untuk ketiga bidang di atas, mahasiswa akan mempelajari berbagai aspek mulai dari reservoir, pengeboran, produksi, fasilitas permukaan sampai pada manajemen dan keekonomian pengelolaan suatu lapangan minyak.

Lalu bagaimana prospek kerja jurusan ini? Laman ITB menyebut, potensi karir lulusan teknik perminyakan sangat menjanjikan di berbagai bidang. Berikut 5 di antaranya:

1. Perusahaan Minyak Nasional maupun asing
Seperti Pertamina, Medco, CNOOC SES, Exxon, Chevron, Total E&P, BP.
2. Bidang Pemerintahan.
Lulusan ini bisa melamar ke BP MIGAS, departemen ESDM (Energi Sumber Daya Mineral).
3. Perbankan atau Asuransi
Tenaga perminyakan dibutuhkan biasanya sebagai analis resiko terhadap kredit ataupun klaim yang diajukan dalam kegiatan eksploitasi migas (underwriter).
4. Bidang Akademis
Tidak hanya bekerja di perusahaan namun lulusannya bisa juga menjadi peneliti ataupun dosen. Beasiswa terbuka lebar bagi mahasiswa teknik perminyakan untuk melanjutkan studinya untuk menjadi peneliti atau dosen.
5. Entrepreneur
Tidak jarang alumni teknik perminyakan yang memulai usaha sendiri di bidang migas setelah memiliki pengalaman kerja di perusahaan lain disamping juga bidang-bidang lain seperti bidang pendidikan, food & beverage.

Demikian ulasan mengenai jurusan teknik perminyakan dan juga prospek kerjanya untuk menjadi referensi dalam memilih jurusan nanti.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1324 seconds (0.1#10.140)