Mahasiswa, Ini 7 Jurusan Sepi Peminat dengan Prospek Kerja Tinggi

Minggu, 02 Januari 2022 - 02:48 WIB
loading...
Mahasiswa, Ini 7 Jurusan Sepi Peminat dengan Prospek Kerja Tinggi
Jurusan yang jarang diketahui calon mahasiswa dan sepi peminat namun memiliki peluang kerja besar, di antaranya Astronomi. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Jurusan-jurusan favorit seperti komunikasi, kedokteran, ekonomi dan juga teknik telah menjadi incaran favorit lulusan SMA dan sederajat. Padahal tingkat persaingan yang ketat menyebabkan banyak siswa yang terdepak dari seleksi di jalur favorit itu.

Di sisi lain ada jurusan yang jarang diketahui calon mahasiswa dan sepi peminat namun memiliki peluang kerja besar. Dalam memilih program studi di perguruan tinggi calon mahasiswa perlu menerapkan strategi karena mereka akan berhadapan dengan ribuan pesaing.



Sudah banyak informasi mengenai mana program studi yang menjadi favorit setiap tahunnya. Ada pula jurusan yang tingkat keketatannya rendah dan sepi peminat di sejumlah perguruan tinggi.

Melansir laman startup bidang pendidikan Ruang Guru di ruang.guru.com, ternyata banyak jurusan di perguruan tinggi yang masih asing di telinga masyarakat namun prospek kerja setelah mahasiswa lulus itu sangat luas di berbagai bidang.

Berikut ini 7 referensinya yang bisa dijadikan bahan pertimbangan untuk memilih jurusan di perguruan tinggi nanti.

1. Jurusan Astronomi
Dari namanya saja sudah bisa diperkirakan ketika menjadi mahasiswa nanti hal-hal berbau antariksa akan menjadi bahan utama studi. Jurusan Astronomi termasuk sepi peminat karena dianggap sulit dan banyak yang belum mengetahui prospek kerjanya.

Padahal menjadi mahasiswa jurusan ini akan banyak menemui hal seru dan mengagumkan karena bisa mengamati benda-benda langit, antara lain bintang, planet, komet, nebula, gugus bintang, atau galaksi.



Sebagai mahasiswa jurusan astronomi juga akan belajar fenomena alam yang terjadi di luar atmosfer bumi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1285 seconds (0.1#10.140)