8 Rekomendasi Jurusan Bahasa yang Menjanjikan untuk Karier Masa Depan

Selasa, 02 November 2021 - 18:17 WIB
loading...
8 Rekomendasi Jurusan Bahasa yang Menjanjikan untuk Karier Masa Depan
Berikut ini 8 rekomendasi jurusan bagi lulusan bahasa sebagai langkah dalam menekuni mencari profesi setelah lulus nanti. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Biasanya jurusan di perguruan tinggi itu dikenal hanya untuk lulusan IPA ataupun IPS. Padahal banyak pula jurusan untuk anak-anak dengan peminatan bahasa di SMA yang tersedia di perguruan tinggi. Berikut ini 8 rekomendasi jurusan bagi lulusan bahasa sebagai langkah dalam menekuni mencari profesi setelah lulus nanti.

Melansir laman startup bidang edukasi Ruang Guru di ruangguru.com, Selasa (2/11/2021), bagi siswa yang saat ini mengambil peminatan bahasa di SMA jangan bingung maupun berkecil hati, berikut ini 8 rekomendasi program studi atau jurusan yang bisa dipertimbangkan untuk melanjutkan ke perguruan tinggi .



1. Ilmu Komunikasi
Komunikasi mempunyai kajian ilmu yang sangat luas. Tentu saja, dalam kehidupan sehari-hari kita tidak akan mungkin terlepas dari komunikasi. Karena itu, ilmu yang akan dipelajari di jurusan ini pun akan sangat beragam.

Ilmu Komunikasi tidak hanya mempelajari cara penyampaian pesan yang baik, namun juga mempelajari pemanfaatan teknologi dari penemuan baru.

Hal ini pun mirip dengan Ilmu Bahasa, yang mempelajari tentang proses penyampaian pesan agar menjadi efektif dan dapat tepat sasaran. Maka, jurusan ini bisa menjadi salah satu pilihan kamu di perguruan tinggi nanti

2. Sastra dan Bahasa
Anak bahasa, tentu saja bisa mengambil jurusan Bahasa dan Sastra. Dengan menguasai bahasa asing maka lulusan jurusan ini pun akan memiliki nilai tambah saat lulus kelak.

Salah satu spesialisasi dari jurusan ini adalah menjadi penerjemah dari berbagai bahasa, seperti Inggris, Jerman, Korea, Arab, dan bahasa asing lainnya. Selain menjadi penerjemah, profesi pilihan lainnya seperti bisa menjadi pengajar, penulis, sastrawan, budayawan, dan sebagainya.

3. Jurnalistik
Bagi anak bahasa yang mempunyai minat besar pada dunia broadcasting dan ingin bekerja di media, maka program studi Jurnalistik bisa jadi pilihan. Jurusan ini memungkinkan lulusannya untuk bekerja di stasiun TV, radio, surat kabar, dan berbagai media lainnya.

Jurusan ini akan mempelajari teknik mencari, menulis, dan menyunting berita, serta bagaimana pula berita tersebut bisa didistribusikan melalui berbagai media.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1122 seconds (0.1#10.140)