Dukung Ekonomi Biru, 3 Program S2 Double Degree Baru Diluncurkan

Rabu, 26 Juli 2023 - 15:02 WIB
loading...
Dukung Ekonomi Biru, 3 Program S2 Double Degree Baru Diluncurkan
Rektor BINUS University Prof. Dr. Ir. Harjanto Prabowo dan Rektor Unpad Prof. Dr. Rina Indiastuti pada peluncuran 3 program S2 Double Degree.Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - Salah satu program perkuliahan yang kini banyak diminati oleh mahasiswa adalah program double degree atau gelar ganda. Pada program ini, memungkinkan mahasiswa untuk memperoleh dua gelar akademis sekaligus dalam satu periode masa studi perkuliahan.

Tidak semua universitas di Indonesia menyediakan program double degree. Namun BINUS University berkolaborasi dengan Universitas Padjadjaran (Unpad) telah meluncurkan 3 program S2 double degree.

Ketiga program tersebut adalah Master of Digital Economy, Master of Digital Business Fisheries, dan Master of Marine Digital Technology.

“Sebuah kebanggaan bagi BINUS University berkolaborasi dengan Unpad dalam bentuk tiga program S2 double degree. Ini merupakan tindak lanjut dari MoU yang sebelumnya ditandatangani dengan Unpad. Hal ini bentuk komitmen BINUS University dalam menjawab kebutuhan masyarakat akan pendidikan berbasis digital,” ujar Rektor BINUS University, Prof. Dr. Ir. Harjanto Prabowo, melalui siaran pers, Rabu (26/7/2023).

Senada dengan Prof. Harjanto, Rektor Unpad Prof. Dr. Rina Indiastuti juga mengapresiasi peluncuran tiga program Magister Double Degree ini. Ia berharap, hadirnya program Magister Gelar Ganda ini dapat berkontribusi menghasilkan sumber daya manusia unggul di bidang ekonomi biru.

Baca juga: SKSG UI Tawarkan Program Double Degree dengan Kampus Australia

"Kami berharap, hadirnya Program Magister Double Degree ini dapat mendukung program penguatan pemerintah, khususnya di bidang ekonomi biru melalui penyiapan sumber daya manusia di bidang perikanan dan maritim yang pandai, tidak hanya di bidang perikanan, tetapi juga siap hadapi transformasi digital," kata Prof. Rina.

Seremoni peluncuran program S2 double degree kolaborasi BINUS University dengan Unpad ini, merupakan kelanjutan dari acara diskusi terbuka yang diselenggarakan pada bulan Juni 2023 dengan tema “Membangun Ekonomi Biru yang tangguh Melalui Penerapan Strategi Transformasi Digital”. Narasumber dari acara tersebut adalah Plt. Kepala Pusat Data, Statistik, dan Informasi, Sekretariat Jenderal Kementerian Kelautan dan Perikanan RI.

Pada diskusi tersebut dibahas pilar-pilar utama ekonomi biru yang menjadi kebijakan pemerintah saat ini dalam lingkup kesehatan ekologi, pertumbuhan ekonomi, dan inklusi sosial.

Selain itu kolaborasi dengan berbagai sektor untuk mengembangkan solusi digital inovatif dalam pemantauan, penanggulangan pencemaran, dan konservasi sumber daya laut. Kerja sama antara BINUS University dan Unpad dilandasi oleh perkembangan permintaan konsumen dalam sektor ekonomi digital, perikanan, dan konservasi laut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2197 seconds (0.1#10.140)