Jurusan Kuliah Pendiri dan Bos E-Commerce Indonesia, Ini Kampusnya

Kamis, 27 Juli 2023 - 13:53 WIB
loading...
Jurusan Kuliah Pendiri dan Bos E-Commerce Indonesia, Ini Kampusnya
Dunia E-Commerce Indonesia saat ini berkembang sangat pesat. Hal ini salah satunya berkat kepemimpinan para CEO maupun petinggi di masing-masing E-Commerce. Foto/Antara
A A A
JAKARTA - Ini riwayat pendidikan pendiri dan juga bos E-commerce asli Indonesia. Dunia E-Commerce Indonesia saat ini berkembang cukup pesat. Selain lahir banyak pemain baru, dunia E-Commerce Indonesia juga banyak dipimpin oleh sosok-sosok berusia muda yang sukses di bidangnya.Dirangkum dari berbagai sumber, berikut riwayat pendidikan 5 orang pendiri dan juga CEO E-Commerce asli Indonesia.

Riwayat Pendidikan Pendiri dan Bos E-Commerce Indonesia

1.William Tanuwijaya–Pendiri Tokopedia

William Tanuwijaya lahir di Pematangsiantar, Sumatera Utara, 11 November 1981.William Tanuwijaya merupalan pendiri Tokopedia, salah satu platform belanja online yang besar dan terkenal di Indonesia. Tokopedia saat ini adalah bagian dari grup GoTo, ekosistem digital terbesar di Indonesia yang mencakup Gojek, Tokopedia dan GoTo Financial.

Akan tetapi William Tanuwijaya sendiri telah mundur dari jabatannya sebagai CEO, lantaran dia harus mengemban jabatan baru sebagai Chairman Tokopedia sekaligus co-Chairman GoTo bersama dengan Garibaldi 'Boy' Thohir.

Riwayat Pendidikan

1. SD-SMA di Pematang Siantar, Sumatera Utara

2. Sarjana Teknik Informasi Universitas Bina Nusantara (Binus) Jakarta, 1999-2003

3. Executive Education, Leadership di Harvard Kennedy School Amerika Serikat pada 2017


2.John Marco Rasjid, Christopher Madiam dan Chrisanti Indiana – Pendiri Sociolla

John Marco Rasjid bersama rekannya, Christopher Madiam dan Chrisanti Indiana mendirikan bisnis yang menjadi salah satu pionir startup bisnis kecantikan di Tanah Air pada 2015.

Bermula dari e-commerce, seiring berjalannya waktu Sociolla pun kian memperluas bisnis dengan menghadirkan pengalaman belanja fisik yang dipersonalisasi untuk basis pelanggannya.

Kini, sudah ada 50 toko tersebar di 30 kota di pulau Sumatera, Kalimantan, Sulawesi dan Jawa. Terlebih di Sumatera, Sociolla telah membuka toko di 7 dari 10 kota terbesarnya

Riwayat Pendidikan

John Marco Rasyid

1.Bachelor of Commerce, Corporate Finance, The University of British Columbia - CFA

2. Charterholder, Corporate Finance and Investment, CFA Institute

Christopher Madiam

1. SMA di Semarang, Jawa Tengah

2. Computer Science and Information Systems di Macquarie University, Australia

Chrisanti Indiana

Billy Blue College of Design, Australia

3.Achmad Zaky – Pendiri Bukalapak

Achmad Zaky adalah pendiri dan mantan CEO dari sebuah situs e-commerce bernama Bukalapak. Dia mendirikan situs tersebut sejak tahun 2010 bersama rekannya Fajrin Rasyid dan Nugroho Herucahyono. Namun pada Desember 2019, Zaky mengumumkan untuk mundur sebagai CEO perusahaan. Adapun co-founder Bukalapak lainnya adalah Fajrin Rasyid dan Nugroho Herucahyono.



Riwayat Pendidikan

1. SMA Negeri 1 Solo

2. Institut Teknologi Bandung (ITB) tahun 2004

3. Oregon State University pada tahun 2008

4.Martin Hartono, Grup Djarum – Blibli

Martin Hartono merupakan putra dari pemilik Djarum Group, Budi Hartono. Martin merupakan Komisaris Utama Perseroan sejak tahun 2010, dan terakhir ditunjuk kembali sebagai Komisaris Utama berdasarkan RUPSLB tahun 2021.

Martin saat ini juga masih menjabat sebagai Direktur PT Djarum (1999–sekarang), Direktur Utama PT Global Digital Prima (2010–sekarang), dan Komisaris PT Global Investama Andalan (2018–sekarang).

Riwayat Pendidikan

• Claremont Graduate University - Peter F. Drucker and Masatoshi Ito Graduate School of Management, 1996-1998

• University of California, San Diego, 1994-1996

• San Diego Mesa College, 1992-1994

5.Christin Djuarto - Direktur di Shopee Indonesia

Karier perempuan lulusan Fakultas ekonomi Nanyang Technological University ini dimulai dari perusahaan industri gaming bernama Garena di Singapura. Christin Djuarto menjabat sebagai head of Operation di Shopee hingga kini dipercaya menduduki posisi paling strategis sebagai direktur di Shopee Indonesia.

Riwayat Pendidikan

Fakultas Ekonomi Nanyang Technological University, Singapura
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.2018 seconds (0.1#10.140)