Pengertian, Ciri, dan Contoh Teks Deskripsi

Sabtu, 29 Juli 2023 - 11:07 WIB
loading...
Pengertian, Ciri, dan Contoh Teks Deskripsi
Teks deskripsi secara sederhana adalah teks yang menggambarkan dengan jelas agar pembaca bisa ikut merasakan langsung. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Pengertian, ciri, dan contoh teks deskripsi perlu kalian simak, karena reing kita jadikan kalimat dalam kehidupan sehari-hari. Teks deskripsi secara sederhana adalah teks yang menggambarkan dengan jelas agar pembaca bisa ikut merasakan langsung.

Teks deskripsi sering digunakan dalam kegiatan sehari-hari, seperti meminta bantuan seseorang dengan mendeskripsikan ciri-cirinya. Dalam mendeskripsikan sesuatu kita bisa melakukannya secara lisan dan teks. Mari kita simak penjabaran mengenai pengertian, ciri, dan contoh teks deskripsi. Berikut pengertian, ciri, dan contoh teks deskripsi

Pengertian, Ciri, dan Contoh Teks Deskripsi

Pengertian Teks Deskripsi

Teks deskripsi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah pemaparan atau penggambaran dengan kata-kata secara jelas dan terperinci. Teks ini memberikan gambaran suatu objek dari sudut pandang penulis. Isi teks deskripsi adalah penggambaran tempat, peristiwa, atau objek. Gagasan utama dalam teks ini dikembangkan secara jelas dalam bacaan tersebut yang menjadi topik utama.

Tujuan teks ini adalah untuk menggambarkan objek secara rinci dan jelas. Kita bisa melihat berhasil atau tidaknya ketika menggunakan teks ini dengan cara, mengukut ketika pembaca bisa ikut merasakan, mendengar, dan melihat objek yang sedang dideskripsikan. Sama seperti jenis teks pada umumnya, teks deskripsi juga memiliki ciri atau karakteristiknya tersendiri.

Ciri Teks Deskripsi

1. Teks yang menggambarkan suatu objek.
2. Objek pada topik digambarkan secara jelas melibatkan indra manusia.
3. Bahasa yang digunakan mudah dan sering dipakai sehari-hari.
4. Menjelaskan ciri fisik seperti bentuk, keadaan, maupun warna keadaan pada suatu objek.
5. Pembaca mampu merasakan sendiri ketika membacanya.

Contoh Teks Deskripsi Singkat

1. Contoh Teks Deskripsi Tentang Indonesia

Indahnya alam negeri tercintaku ini. Berletak di Asia Tenggara di antara Samudra Hindia dan Samudra Pasifik, dengan ribuan pulau yang menghiasi alam raya negara Republik Indonesia. 17.000 pulau tersebar dari Sabang sampai Merauke, membuat keberagaman terbentuk dalam penduduk di negaraku ini. Ibu kota Indonesia adalah Jakarta, berideologi Pancasila, dan lambing negara burung garuda. Ia memiliki 38 provinsi yang tersebar di wilayahnya, sembiilan diantaranya memiliki status khusus. Sungguh sangat indah negara Republik Indonesia yang aku tempati ini.

2. Contoh Teks Deskripsi Tentang Mobil Balap

Kendaraan roda empat yang memiliki kecepatan di atas rata-rata dari kendaraan pada umumnya. Memiliki tampilan yang bagus dan menyegarkan mata, kendaraan roda empat ini sering menjadi keinginan seseorang untuk memilikinya. Kendaraan ini cukup populer di kalangannya, adapula ajang perlombaan yang melangsungkan kegiatan untuk kendaraan ini, yaitu mobil balap. Mobil-mobil yang mengadu kecepatannya dalam sebuah sirkuit.



Spesifikasi mobil balap tidak sama dengan mobil harian pada umumnya, banyak aspek yang telah berubah dari mobil standar yang sering kita temukan. Begitu menariknya sebuah mobil balap di kehidupan yang sangat beragam ini.

3. Contoh Teks Deskripsi Tentang Burung Elang

Hewan yang seluruh tubuhnya dipenuhi dengan bulu ini, merupakan salah satu predator bagi makhluk lain. Ia bisa terbang bebas dan memiliki pengelihatan yang tajam. Hewan ini adalah elang. Elang merupakan burung bertulang belakang yang memiliki kemampuan untuk terbang. Memiliki dua kaki yang sangat kuat, paruh yang tajam, dan warna yang sangat khas. Burung elang sangat indah ketika sedang terbang membentangkan kedua sayapnya di udara. MG/Zulfa Zakariyya
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1798 seconds (0.1#10.140)