7 Universitas Swasta Populer di Kota Solo, Biaya Kuliah Murah?

Sabtu, 29 Juli 2023 - 18:05 WIB
loading...
7 Universitas Swasta Populer di Kota Solo, Biaya Kuliah Murah?
Universitas Slamet Riyadi (Unisri) merupakan salah satu kampus swasta populer di Kota Solo yang dikabarnya biaya kuliahnya dikenal murah. Foto/quipper
A A A
JAKARTA - Ini daftar universitas swasta favorit di Kota Solo. Sebagai kota terbesar kedua di Jawa Tengah setelah Kota Semarang, Solo tidak hanya dikenal karena budaya dan kuliner khasnya tetapi juga banyaknya lembaga pendidikan tinggi alias universitas swasta berkualitas.

Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) hanya satu dari sekian kampus swasta terbaik di Solo. Dirangkum dari berbagai sumber, ini daftar universitas swasta terbaik di kota kelahiran Presiden Joko Widodo ini.

Daftar 7 Kampus Swasta Populer di Kota Solo

1. Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS)

Apabila kamu mencari universitas swasta terbaik di Solo, mungkin UMS adalah salah satu pilihan terbaik yang bisa kamu pertimbangkan. Mengapa begitu? Sebab Universitas Muhammadiyah Surakarta adalah salah satu dari 164 Perguruan Tinggi Muhammadiyah yang ada di Indonesia.

Universitas ini selalu langganan masuk ke 100 besar klasterisasi Dikti dan tahun ini berhasil menduduki peringkat 38 sebagai perguruan tinggi terbaik di Indonesia.

Saat ini, Universitas Muhammadiyah Surakarta memiliki 12 fakultas dengan berbagai Program Studi unggulan yang bisa kamu jadikan target saat proses pendaftaran nantinya. Jadi apabila kamu tertarik untuk masuk ke universitas ini, maka kamu bisa mencari informasi selengkapnya mengenai Universitas Muhammadiyah Surakarta dari sekarang.

2. Universitas Kristen Surakarta (UKS)

UKS merupakan transformasi dari Institut Agama Kristen Surakarta di bawah Yayasan Pendidikan Tinggi Kristen Wolter Monginsidi. Kampus ini beroperasi resmi mulai tanggal 18 juni 1996.

Selain fakultas teologi, kampus ini juga membuka fakultas ekonomi dan teknik. Alamat kampus UKS ialah Jalan R.W. Monginsidi No. 36-38, Margoyudan, Surakarta. Jika kamu memerlukan informasi terkait Universitas Kristen Surakarta (UKS) ke portal resmi kampus tersebut.

3. Universitas Sahid Surakarta (UNSAHID)

Masih dalam daftar universitas swasta terbaik di Solo yang biaya kuliahnya murah ada Universitas Sahid Surakarta (UNSAHID) yang masuk dalam daftar universitas swasta terbaik di Solo yang memiliki biaya kuliah murah.



Kampus UNSAHID merupakan Perguruan Tinggi yang dinaungi oleh Yayasan Kesejahteraan, Pendidikan, Dan Sosial Sahid Jaya.
Di UNSAHID ada beberapa Program Studi yang dapat kamu pilih. Diantaranya adalah Program Studi keperawatan, desain komunikasi visual, psikologi, desain interior, ilmu administrasi, dan ilmu komunikasi. Gedung kampus ini berdiri di Jalan Adi Sucipto No. 154 Jajar, Surakarta.

4. Universitas Slamet Riyadi (UNISRI)

UNISRI adalah sebuah universitas swasta yang memulai kegiatan belajar mengajarnya sejak tanggal 21 juni 1980. Kampus ini memiliki 6 fakultas yaitu Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Fakultas Teknologi dan Industri Pangan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Ekonomi, Fakultas Pertanian, dan Fakultas Hukum. Kampus UNISRI beralamat di Jalan Sumpah Pemuda No. 18, Kadipiro, Surakarta.

5. Universitas Tunas Pembangunan Surakarta (UTP)

Universitas Tunas Pembangunan merupakan salah satu alternatif jika kamu mencari universitas swasta di Surakarta. Kampus ini didirikan pada tahun 1980 oleh para eks Tentara Pelajar Brigade 17 Surakarta. UTP memiliki 4 fakultas yang diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Fakultas Ekonomi

2. Fakultas Pertanian

3. Fakultas Teknik

4. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Selain memiliki sarana prasarana yang lengkap untuk menunjang proses kuliah, universitas ini juga memiliki tenaga pengajar yang ahli dalam bidangnya masing-masing. Untuk informasi selengkapnya mengenai kampus ini, kamu bisa mengunjungi portal resmi kampus tersebut.

6. Universitas Surakarta (UNSA)

Kampus ini merupakan Perguruan Tinggi Swasta yang berada dibawah naungan Yayasan Perguruan Tinggi Surakarta (YPTS). Universitas ini merupakan perubahan dari Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi yang berdiri sejak tanggal 27 November 1995. Pada tanggal 22 Oktober 1998, namanya resmi menjadi Universitas Surakarta. Kampus ini berlokasi di Jalan Lawu, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

7. Universitas Setia Budi

Kampus satu ini didirikan pada 11 November 1997. Lokasi kampus Universitas Setia Budi berada di Jalan Letjen Sutoyo, Mojosongo, Surakarta. Saat ini USB memiliki lima fakultas dengan 13 Program Studi. Universitas ini menjadi salah satu PTS terakreditasi di Jawa tengah, dari total 255 PTS di provinsi ini. Kini, USB tengah berupaya untuk terus meningkatkan mutu pendidikannya.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1793 seconds (0.1#10.140)