Membanggakan, Tim Pelajar Indonesia Sabet 4 Medali di Olimpade Kimia Dunia

Minggu, 30 Juli 2023 - 14:32 WIB
loading...
Membanggakan, Tim Pelajar Indonesia Sabet 4 Medali di Olimpade Kimia Dunia
Tim pelajar Indonesia sukses meraih empat medali di International Chemistry Olympiad (IChO) ke-55 di Zurich, Swiss. Foto/Puspresnas.
A A A
JAKARTA - Kabar membanggakan datang dari siswa Indonesia yang sukses meraih empat medali di ajang Olimpiade Kimia Internasional atau International Chemistry Olympiad (IChO) ke-55 di Zurich, Swiss. Perolehan medali ini semakin membuktikan kemampuan siswa Indonesia di bidang sains yang tak kalah dengan pelajar negara lain.

Dua medali perak diraih oleh dua siswa, yaitu Kevin Lius Bong dari SMAK Petra 1 Surabaya dan Abraham Abednego Lincoln dari SMAS 1 Kristen BPK PENABUR Jakarta. Kemudian dua medali perunggu dipersembahkan Muhammad Ezra Sarliviano dari MAN Insan Cendekia Serpong, dan Muhammad Adyan Dafi dari SMA Cahaya Rancamaya Bogor.

Salah satu anggota tim, Kevin Luis Bong peraih medali perak dari SMAK Petra 1 Surabaya mengaku sangat bersyukur bisa mendapat medali perak dalam ajang IChO. Kevin juga menyampaikan komitmennya untuk mengabdi kepada Indonesia setelah menyelesaikan studinya di luar negeri.

Baca juga: 15 SMA Terbaik di Surabaya Versi LTMPT, Salah Satunya Ranking 2 Se-Indonesia!

“Puji Tuhan saya dapat mendapatkan medali perak tahun ini. Target saya kedepannya apa yang saya dapatkan di jurusan Teknik Kimia National University of Singapore semoga nantinya bisa bermanfaat dan membantu Indonesia,” katanya, dikutip dari laman Puspresnas, Minggu (30/7/2023).

Selama mengikuti IChO, siswa Indonesia juga didampingi oleh Tim Pembina yaitu Deana Wahyuningrum, Fainan Failamani, dan Irma Mulyani dari Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Institut Teknologi Bandung (FMIPA-ITB).

Menurut Deana Wahyuningrum, Tim Olimpiade Kimia Indonesia akan melakukan evaluasi atas prestasi yang diraih di IChO 2023. Selain itu juga menyiapkan mekanisme pembinaan yang lebih baik agar Indonesia dapat mempersembahkan medali emas IChO 2024 yang akan digelar di Riyadh, Arab Saudi.

“Mudah-mudahan anak-anak kita selanjutnya bisa terus berprestasi lebih baik dan meraih medali emas di IChO pada tahun depan yang akan dilaksanakan di Riyadh, Arab Saudi. Tentu saja kita harus mengevaluasi bagaimana mekanisme dan teknik pembinaan terutama dalam mengasah keterampilan anak-anak melakukan eksperimen di laboratorium,” ungkap Deana.

Staf Ahli Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Bidang Manajemen Talenta, Tatang Muttaqin, menyampaikan apresiasi atas prestasi siswa yang telah berjuang dan mengharumkan nama Indonesia di ajang IChO.

Baca juga: Fight of Legends Goes to School Sambangi SMA Marsudirini Bekasi, Siswa: Beda dari MOBA Lain

Lebih lanjut, Tatang menyampaikan bahwa Kemendikbudristek memiliki Sistem Informasi Manajemen Talenta (SIMT). Capaian prestasi keempat siswa di ajang IChO akan terdata di SIMT sehingga bermanfaat untuk para siswa di waktu mendatang.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1787 seconds (0.1#10.140)