6 Jurusan Paling Favorit di STAN, Mana Incaran Kamu?

Senin, 31 Juli 2023 - 08:29 WIB
loading...
6 Jurusan Paling Favorit di STAN, Mana Incaran Kamu?
Kuliah di Politeknik Keuangan Negara Sekolah Tinggi Administrasi Negara (PKN STAN) menjadi impian banyak orang karena masa depannya jelas. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini jurusan di STAN paling favorit. Melanjutkan studi di Politeknik Keuangan Negara (PKN) Sekolah Tinggi Administrasi Negara (STAN) menjadi impian banyak orang. Masa depan jelas berstatus PNS menjadi alas an utama kenapa STAN selalu menarik sebagai tempat berkuliah.

STAN memiliki banyak jurusan prospektif. Meski demikian, tak semuanya ternyata yang diminati calon pendaftar. Dirangkum dari berbagai sumber, ini 6 jurusan di STAN paling diminati calon mahasiswa.Apa saja?

6 Daftar Jurusan Paling Diminati di PKN STAN

1. Akuntansi

Akuntansi dinilai menjadi salah satu jurusan yang paling diminati di STAN. Mengapa demikian? Pada dasarnya, lulusan jurusan Akuntansi bisa ditempatkan ke semua instansi karena memang kemampuannya relatif paling umum bila dibanding dengan jurusan lain yang ada di PKN STAN.

Secara garis besar, Akuntansi adalah proses pencatatan dan pelaporan transaksi keuangan suatu entitas. Di STAN sendiri, jurusan. Jurusan PKN STAN yang satu ini dinilai menjadi favorit dari 2017 sampai sekarang.

2. Pajak

Jurusan PKN STAN yang selanjutnya yaitu Diploma III Pajak. Di STAN, jurusan Pajak memiliki tiga program studi unggulan, yaitu:

• Diploma III Pajak
• Diploma III Pajak Bumi dan Bangunan/Penilai
• Diploma I Pajak

Apa bedanya D1 Pajak sama D3 Pajak?. Nah, kedua prodi tersebut mempunyai perbedaan yang mencolok, yaitu dari segi masa kuliahnya. D1 hanya menghabiskan masa kuliah selama 1 tahun atau setara dua semester. Sedangkan, D3 menghabiskan waktu selama 3 tahun atau 6 semester.



Selain diajarkan bagaimana membuat laporan keuangan perpajakan seperti jurusan Pajak di universitas lain, di STAN kamu juga akan diajarkan dalam hal administrasi/tata usahanya dari sisi pemungut pajak serta hubungannya dengan keuangan negara.

Mata kuliah dari jurusan Pajak di antaranya ada Akuntansi dasar sampai menengah, Pajak Penghasilan (PPh), Pajak Pertambahan Nilai (PPN), Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM), dan masih banyak lagi.Sebagian besar lulusan jurusan Pajak akan ditempatkan di Ditjen Pajak.

3. Kepabeanan dan Cukai

Kamu pasti sering mendengar istilah Bea Cukai. Nah, buat kamu yang bermimpi bekerja di Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC), kamu bisa mulai simak informasi mengenai jurusan PKN STAN yang satu ini.

Kepabeanan sendiri merupakan segala sesuatu yang berhubungan dengan pengawasan atas lalu lintas barang yang masuk atau keluar daerah serta pemungutan bea masuk dan keluar.

Sedangkan Cukai merupakan pungutan dari negara yang dikenakan terhadap barang-barang tertentu yang mempunyai sifat atau karakteristik yang telah diatur dalam undang-undang.Di STAN, jurusan Kepabeanan dan Cukai menyediakan dua program studi, yaitu D3 Kepabeanan dan Cukai dan D1 Kepabeanan dan Cukai.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2466 seconds (0.1#10.140)