Cegah Hoaks, Dosen Uhamka Beri Pelatihan Literasi Media kepada Siswa

Senin, 31 Juli 2023 - 10:00 WIB
loading...
Cegah Hoaks, Dosen Uhamka Beri Pelatihan Literasi Media kepada Siswa
Sesi pelatihan literasi media dosen Uhamka kepada siswa-siswi SMA Muhammadiyah 16 Jakarta. Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - Penyebaran informasi hoaks akan menimbulkan keresehan d tengah masyarakat. Sebagai bagian kegiatan pengabdian kepada masyarakat, dosen Universitas Muhammadiyah Prof Dr HAMKA ( Uhamka ) pun memberikan pelatihan literasi media ke para siswa dan siswi SMA Muhammadiyah 16 Jakarta.

“Pelatihan literasi media ini penting dilakukan karena para siswa setiap harinya pengguna aktif media sosial yang terpapar dengan informasi baik yang benar maupun yang salah. Oleh karena itu, mereka harus memiliki kemampuan untuk dapat memilah informasi yang ada,” ujar dosen FISIP Uhamka, Indriani, dalam keterangan resmi, Senin (31/7/2023).

Dalam pelatihan literasi media yang diselenggarakan secara daring tersebut, Indriani mengajak para siswa untuk dapat berpikir kritis dan juga bersikap skeptis terhadap informasi yang didapat.

Baca juga: Pengumuman SEMA UPNVJ Gelombang 2 Hari Ini, Berikut Biaya Kuliah untuk Semua Jurusan

Selain itu juga perlu dilakukan cek dan ricek terlebih dahulu sebelum membagikan informasi di media sosial. Setelah informasi terverifikasi kebenarannya, baru dapat dibagikan.

“Jangan sampai kita menyebarkan informasi yang salah atau hoaks,” imbuh dia.

Kegiatan tersebut merupakan bagian dari kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh kampus. Dalam kesempatan tersebut, dosen FISIP Uhamka lainnya yakni Vilya Dwi Agustini, memberikan materi terkait pentingnya menjaga keamanan data pribadi di media sosial.

“Data-data pribadi seperti nama, nomor induk kependudukan, nama saudara kandung, nama ibu kandung, data biometrik, nomor telepon seluler, perlu untuk dilindungi. Jangan unggah data-data tersebut di media sosial karena rentan untuk disalahgunakan pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab,” imbuh Vilya.

Dalam pelatihan itu, Vilya juga mengingatkan para siswa untuk dapat melindungi akun media sosial dengan melakukan verifikasi dua langkah, sehingga dapat mencegah terjadinya peretasan akun.

Baca juga: Jurusan Kuliah 4 Menko di Kabinet Indonesia Maju, Alumni Kampus Mana Saja Ya

Kepala Sekolah SMA Muhammadiyah 16 Jakarta, Arif Rachman Hakim menyambut baik pelatihan literasi media bagi siswa tersebut. Pihaknya berharap ke depan, kerja sama tersebut dapat terus berlanjut dengan menghadirkan berbagai pelatihan literasi media lainnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1367 seconds (0.1#10.140)