10 Rekomendasi Universitas di Tangerang Selatan, Tak Kalah dengan di Jakarta

Senin, 31 Juli 2023 - 14:49 WIB
loading...
10 Rekomendasi Universitas di Tangerang Selatan, Tak Kalah dengan di Jakarta
Universitas Pamulang menjadi salah satu kampus swasta terbaik di Banten dan telah terakreditasi dengan peringkat B sejak tahun 2019. Foto/quipper
A A A
JAKARTA - Ini daftar 10 universitas yang direkomendasikan di kawasan Tangerang Selatan .Kamu sedang mencari kampus di kawasan sekitar Tangerang dan Jakarta? Jangan bingung. Kawasan Tangerang Selatan banyak memiliki universitas dengan kualitas tak kalah dengan di ibu kota Jakarta.

Meski terhitung wilayah baru karena merupakan pemekaran dari Kota dan Kabupaten Tangerang namun wilayah Tangerang Selatan saat ini perkembangannya cukup pesat, tak terkecuali dalam hal pendidikan tinggi.Bahkan dalam beberapa hal bisa mengungguli wilayah lain di Jabodetabek.

Salah satu keunggulan Tangerang Selatan adalah lokasinya yang tak jauh dari Jakarta dan mudah diakses. Dirangkum dari berbagai sumber, ini 10 universitas yang direkomendasikan untuk calon mahasiswa di wilayah Tangerang Selatan.

Daftar 10 Universitas yang Direkomendasikan di Tangerang Selatan

1.Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah

Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah yang didirikan pada tahun 1957 ini cukup menjadi favorit karena status negeri dan terakreditasi A sehingga banyak mahasiswa dari luar Jawa yang menimba ilmu di perguruan tinggi ini. Selain itu, fakultas dan fasilitas yang dimiliki UIN Syarif Hidayatullah cukup lengkap, antara lain;

1. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK)
2. Fakultas Adab dan Humaniora (FAH)
3. Fakultas Ushuluddin (FU)
4. Fakultas Syariah dan Hukum (FSH)
5. Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (FDIK)
6. Fakultas Dirasat Islamiyah (FDI)
7. Fakultas Psikologi (F.Psi.)
8. Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB)
9. Fakultas Sains dan Teknologi (FST)
10. Fakultas Ilmu Kesehatan (FIKES)
11. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP)
12. Fakultas Kedokteran (FK)

Dengan fakultas sebanyak ini, tentu saja UIN Syarif Hidayatullah membutuhkan lebih dari satu Gedung. Saat ini UIN Syarif Hidayatullah memiliki tiga gedung yang terletak di Ciputat, Tangsel, yaitu, satu gedung di Jalan Ir. H. Djuanda No. 95, Ciputat, kemudia gedung kampus kedua berlokasi di Jalan Kertamukti, Ciputat dan gedung kampus ketiga terletak di Jalan Tarumanegara, Pisangan, Ciputat.

2.Universitas Terbuka (UT)

Universitas Terbuka terletak di kawasan Pondok Cabe Udik, Tangerang Selatan. Universitas negeri ini terkenal dengan sistem belajar jarak jauh. Terbuka bermakna bahwa tidak ada pembatasan usia, tahun ijazah, masa belajar, waktu registrasi, dan frekuensi mengikuti ujian.



Syarat yang ada hanyalah bahwa setiap mahasiswa UT harus sudah menamatkan jenjang pendidikan menengah atas (SMA atau yang sederajat). Terdapat 4 fakultas di Universitas Terbuka;

• Fakultas Ekonomi
• Fakultas Ilmu Sosial dan Politik
• Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
• Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

3.Universitas Muhammadiyah Jakarta

Terletak di kawasan Cirendeu, Tangerang Selatan, universitas ini memiliki program mulai dari D3 hingga S3. Secara institusi Universitas Muhammadiyah Jakarta sudah terakreditasi B dan memiliki fakultas sebagai berikut; Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Fakultas Hukum. Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Fakultas Teknik. Fakultas Agama Islam. Fakultas Pertanian. Fakultas Kedokteran dan Kesehatan. Fakultas Ilmu Pendidikan. Fakultas Ilmu Keperawatan. Fakultas Kesehatan Masyarakat dan Pascasarjana.

4.Politeknik Keuangan Negara Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (PKN STAN)

Berlokasi di kawasan Bintaro Sektor 5, Tangerang Selatan, sekolah tinggi yang satu ini menjadi favorit bagi para calon mahasiswa di seluruh Indonesia karena sepenuhnya gratis dan jaminan penempatan kerja sebagai PNS ketika lulus nanti.

Tentu saja tidak mudah untuk menjadi mahasiswa di lembaga pendidikan yang sepenuhnya dikelola Kementerian Keuangan ini.
Untuk menimba ilmu di PKN STAN, calon mahasiswa wajib mengikuti rangkaian tes penyaringan yang cukup panjang. Setiap calon mahasiswa PKN STAN harus melalui seleksi nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK), Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), psikotest, dan wawancara.

5.Institut Teknologi dan Bisnis Ahmad Dahlan

Perguruan tinggi yang berlokasi di Jalan Ir. H. Juanda No 77, Cirendeu, Tangerang Selatan ini, memiliki cukup banyak program studi dari jenjang Diploma hingga Pascasarjana. Untuk program studi Diploma terbagi menjadi dua jurusan, yaitu Keuangan Perbankan dan Akuntansi.

Sementara itu untuk program Strata 1 terdapat 6 jurusan, antara lain; S1 Teknologi Informasi, S1 Sistem Informasi, S1 Desain Komunikasi Visual, S1 Arsitektur, S1 Manajemen dan S1 Akuntansi. Kemudian untuk program Pascasarjana hanya terdapat satu jurusan, yaitu Keuangan Syariah.

6.Institut Ilmu Al-Quran Jakarta

Perguruan tinggi yang satu ini berlokasi tidak jauh dari Institut Teknologi dan Bisnis Ahmad Dahlan. Terletak di Jalan Ir. H. Juanda No 70, Cirendeu, Tangsel, Institut Ilmu Al-Quran Jakarta memiliki empat program studi yang terdiri dari Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam, Fakultas Ushuluddin dan Dakwah, Fakultas Tarbiyah, dan, Program Pascasarjana.

7.Institut Teknologi Indonesia (ITI)

Institut Teknologi Indonesia didirikan pada 1984 dan dikawal langsung oleh almarhum Presiden ketiga kita, BJ Habibie untuk mengatasi kelangkaan insinyur di Indonesia. Berlokasi di Jalan Puspitek Raya, Tangerang Selatan, lingkungan kampus Institut Teknologi Indonesia cukup asri dikelilingi pepohonan. Institut Teknologi Indonesia banyak melakukan inovasi dan riset.

8.Universitas Multimedia Nusantara (UMN)

Mendapatkan ijin operasional pada tanggal 25 November 2005 di bawah naungan Yayasan Multimedia Nusantara.UMN unggul dalam bidang ICT (Information and Communication Technology).Universitas Multimedia Nusantara membuka Program Diploma, Program Sarjana, Program Pascasarjana, Program Internasional dan Program Digital Learning.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1603 seconds (0.1#10.140)