Tips Jawab Pertanyaan Seputar Gaji saat Wawancara Kerja, Fresh Graduate Wajib Tahu

Selasa, 01 Agustus 2023 - 19:10 WIB
loading...
Tips Jawab Pertanyaan Seputar Gaji saat Wawancara Kerja, Fresh Graduate Wajib Tahu
Salah satu pertanyaan yang lazim ditanyakan pihak perusahaan atau HRD saat wawancara kerja adalah perihal gaji yang diinginkan. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini tips menjawab pertanyaan besaran gaji saat wawancara kerja.Salah satu tahapan dalam rekrutmen lowongan karyawan baru di sebuah perusahaan adalah wawancara kerja. Bisa dikatakan wawancara kerja adalah tahap terakhir dalam proses rekrutmen karyawan di sebuah perusahaan sebelum lolos atau diterima.

Meski terdengar sederhana, namun wawancara kerja ini butuh dipersiapkan dengan matang agar tidak salah menjawab. Salah satu pertanyaan yang lazim ditanyakan pihak perusahaan atau HRD adalah perihal gaji yang diinginkan.

Pertanyaan ini susah-susah gampang menjawabnya. Dibutuhkan trik khusus untuk menjawab pertanyaan itu. Berikut tips yang bisa dicoba ketika mendapat pertanyaan seputar gaji yang diinginkan dalam wawancara kerja.

Tips Menjawab Pertanyaan Gaji yang Diinginkan Dalam Wawancara Kerja

1.Tunjukan Bahwa Kamu Fleksibel dan Terbuka untuk Negosiasi

Kamu bisa menjawab dengan kalimat, untuk gaji mungkin bisa disesuaikan dengan pengalaman dan kualifikasi yang saya miliki.

2. Sebutkan Kisaran Gaji yang Kamu Inginkan

Tips kedua untuk menjawab pertanyaan "berapa gaji yang kamu inginkan?", kamu bisa melakukan riset terlebih dahulu untuk mengetahui estimasi rentang gaji. Ada dua cara yang bisa kamu lakukan:

• Mengunjungi website lowongan kerja seperti Jobstreet atau Glassdoor untuk mengetahahui standar gaji untuk posisi atau jabatan tertentu

• Membaca Salary Guide tahunan yang dikeluarkan lembaga-lembaga seperti Michael Page atau PersolKelly untuk mengetahui rata-rata gaji yang ditawarkan untuk setiap industri.

3. Sesuaikan dengan Kemampuanmu

Selain menyebutkan rentang gaji, kamu juga bisa sekaligus menyebutkan kemampuan pada posisi yang dilamar. Contohnya: Jika kamu melamar pekerjaan dengan posisi yang sama di perusahaan yang berbeda dengan job desc yang lebih banyak, kamu dapat menjawab pertanyaan gaji yang diharapkan dengan estimasi gaji yang lebih besar daripada perusahaan sebelumnya karena kamu sudah memiliki pengalaman yang lebih banyak dan tanggung jawab yang lebih besar di perusahaan baru nanti.


4. Jadikan Gaji di Pekerjaan Sebelumnya Sebagai Patokan

Tips keempat untuk menjawab "berapa gaji yang kamu inginkan?", jadikan gaji yang kamu dapatkan di perusahaan sebelumnya sebagai patokan penentuan gaji pada perusahaan yang akan dilamar.

Saat kamu menyebutkan gaji di perusahaan sebelumnya, tambahkan juga tunjangan (uang makan, uang transportasi, THR) apa saja yang kamu dapatkan di perusahaan sebelumnya. Dengan ini, perusahaan mungkin akan memberikan gaji dengan tunjangan yang lebih baik daripada perusahaan tempat kamu bekerja sebelumnya.

Pertanyaan mengenai gaji yang diharapkan saat interview bertujuan untuk:

• Mengetahui seberapa besar kamu mengenali dan menghargai kemampuan diri serta kinerja yang kamu miliki.

• Mengetahui apakah perusahaan mampu untuk menjangkau keterampilan yang kamu miliki untuk bekerja dengan perusahaan tersebut.

2:26 PM 8/1/2023
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3532 seconds (0.1#10.140)