5 Jurusan Ilmu Komputer Terbaik di Indonesia Versi THE WUR 2023, Ada Kampusmu?

Rabu, 02 Agustus 2023 - 16:56 WIB
loading...
5 Jurusan Ilmu Komputer Terbaik di Indonesia Versi THE WUR 2023, Ada Kampusmu?
Ada beberapa jurusan Ilmu Komputer terbaik di Indonesia berdasarkan pemeringkatan THE WUR by Subject. Foto/Dok/UI
A A A
JAKARTA - Ada beberapa jurusan Ilmu Komputer terbaik di Indonesia berdasarkan pemeringkatan THE WUR by Subject. Tak hanya kampus negeri, ada juga kampus swasta yang memiliki jurusan Ilmu Komputer terbaik.

Pemeringkatan Times Higher Education World University Rankings (THE WUR) 2023 by Subject menggunakan indikator tepercaya dan ketat. Adapun metodologi pemeringkatan dikalibrasi ulang sesuai masing-masing bidang terkait.

Salah satunya jurusan Ilmu Komputer. Untuk perguruan tinggi asal Indonesia sendiri, terdapat beberapa kampus yang masuk daftar. Berikut nama-namanya.

Jurusan Ilmu Komputer Terbaik di Indonesia versi THE WUR 2023

1. Universitas Indonesia

Universitas Indonesia merupakan salah satu perguruan tinggi favorit di Tanah Air. Setiap tahunnya, cukup banyak pendaftar yang mengikuti berbagai seleksi masuk UI.

Melihat deretan jurusan yang tersedia, UI juga memiliki program studi (prodi) Ilmu Komputer. Mengutip laman resminya, prodi ini telah mendapat akreditasi ‘Unggul’ dari BAN-PT.

Jurusan Ilmu Komputer UI meraih posisi 601-800 pada pemeringkatan THE WUR tahun 2023. Hal ini menempatkannya sebagai salah satu yang terbaik di Indonesia.

2. Telkom University

Telkom University juga masuk pemeringkatan Computer Science terbaik di Indonesia versi THE WUR 2023. Mereka memiliki program studi S-1 Teknik Komputer yang saat ini mempunyai akreditasi ‘A’ BAN-PT.

Pada pemeringkatan THE WUR tahun 2023 by Subject Computer Science, Telkom University berada di posisi 601-800. Seperti UI, peringkat ini menjadikannya sebagai salah satu yang terbaik di Tanah Air.

3. Binus University

Berikutnya ada Binus University. Mengutip informasi dari laman resminya, Binus memiliki S-1 Sistem Komputer dengan akreditasi ‘Unggul’ BAN-PT dan S-3 Ilmu Komputer dengan akreditas ‘Baik Sekali’ LAM-INFOKOM.

Pada pemeringkatan THE WUR bidang Computer Science, mereka turut masuk bersama UI dan sejumlah kampus lainnya. Adapun untuk peringkatnya sendiri adalah 801+ dunia.

4. Universitas Brawijaya

Universitas Brawijaya berada di peringkat berikutnya pada pemeringkatan THE WUR 2023 bidang keilmuan Computer Science. Posisi mereka adalah 801+ dunia.

Pada proses pendidikannya, Universitas Brawijaya memiliki Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM). Pada sejumlah jurusan yang tersedia, di antaranya adalah Magister Ilmu Komputer yang sudah memiliki akreditasi ‘Unggul’ BAN-PT.

Selain itu, mereka juga memiliki prodi Teknik Komputer dengan akreditasi ‘Unggul’ BAN-PT.

5. Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Selanjutnya ada Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) yang berada di posisi 800+ dunia dan menjadi salah satu yang terbaik di Indonesia.

ITS memiliki S-1 Teknik Komputer dan S-3 Ilmu Komputer. Untuk program S-1 Teknik Komputer memiliki akreditasi ‘A’ BAN-PT. Sedangkan S-3 Ilmu Komputer mempunyai predikat ‘Unggul’ dari LAM INFOKOM.

Itulah sejumlah jurusan Ilmu Komputer terbaik di Indonesia versi THE WUR 2023.
(okt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1826 seconds (0.1#10.140)