Apa Itu Gelar MBA Seperti Dimiliki Mendikbudristek Nadiem Makarim? Ini Cara Mendapatkannya

Kamis, 03 Agustus 2023 - 11:34 WIB
loading...
Apa Itu Gelar MBA Seperti Dimiliki Mendikbudristek Nadiem Makarim? Ini Cara Mendapatkannya
MBA (Master of Business Administration) adalah gelar yang didapatkan setelah mahasiswa sukses menyelesaikan kuliah pascasarjana S2 di bidang bisnis dan administrasi universitas luar negeri. Foto/ilustrasi Ist
A A A
JAKARTA - Kamu mungkin sering mendengar istilah MBA (Master of Business Administration)? Salah satu pejabat publik Indonesia yang memiliki gelar MBA, salah satu gelar bergengsi lulusan universitas luar negeri , adalah Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim.

Dalam dunia pendidikan, MBA adalah sebuah gelar pascasarjana untuk jurusan bisnis kampus luar negeri. Biar tak bingung dan salah memahami, artikel berikut akan membahas seputar gelar MBAyang dirangkum dari berbagai sumber

Apa Itu MBA?


MBA merupakan kepanjangan dari Master of Business Administration. Jadi MBA adalah gelar yang didapatkan setelah mahasiswa sukses menyelesaikan kuliah pascasarjana S2 di bidang bisnis dan administrasi. Gelar M.B.A. ini diberikan dari universitas-universitas di luar negeri. Banyak banget lho keuntungan memiliki gelar pascasarjana ini di belakang namamu.

Perbedaan MBA dengan Gelar Master Lainnya

Banyak yang memahami kalau MBA merupakan gelar untuk lanjutan Bachelor of Art. Padahal beda banget. Bachelor of Arts atau yang disingkat BA merupakan nama gelar untuk orang yang belajar di ilmu non-ilmiah seperti communication, psychology, language dan lainnya. Sedangkan Master of Arts merupakan gelar kelanjutan dari Bachelor of Arts.



Di sisi lain, gelar MBA ini setara dengan Master of Arts yakni sama-sama diberikan bagi mereka yang sukses menyelesaikan pascasarjana atau S2. Berbeda dengan jurusan lain, untuk mendapatkan gelar MBA cukup sulit, Setidaknya kamu harus memiliki pengalaman kerja selama 2 hingga 4 tahun tergantung dari kebijakan universitas masing-masing.

Syarat Mendapatkan Gelar MBA

1. Memenuhi kualifikasi sekolah bisnis

Untuk bisa menjadi mahasiswa program gelar MBA, kamu harus sudah menamatkan program Sarjana terlebih dahulu. Lebih baik lagi kalau jurusan S1 kamu linear dengan program Masternya.

2. Sudah memiliki pengalaman kerja minimal 2 tahun

Khusus untuk program Gelar MBA, kamu harus memiliki pengalaman kerja minimal 2 tahun terlebih dahulu. Program kuliah ini bertujuan mengembangkan keahlian yang telah dimiliki oleh mahasiswa untuk ke tingkat yang lebih lanjut.

3. Memiliki score GMAT atau GRE

Tidak seperti program lainnya, untuk mengambil program gelar MBA kamu harus memiliki score GMAT atau GRE. GMAT fokus pada data kuantitatif, seperti keahlian matematika. Di sisi lain, GRE memiliki fokus pada kosa kata.

4. Melengkapi dokumen yang dibutuhkan

Untuk menjadi calon penerima gelar MBA, kamu juga harus memenuhi dokumen-dokumen yang menjadi persyaratannya. Dokumen-dokumen tersebut antara lain transkrip nilai, surat rekomendasi, visa pelajar, hingga Letter of Acceptance.


Keuntungan Memiliki Gelar MBA

1. Membuka jenjang karier yang lebih tinggi

Menurut jurnal “Is a MBA Degree Necessary to be a CEO of Large Corporation” dijelaskan bahwa dengan memiliki gelar akademik ini tentu berpeluang untuk menjadi CEO. Setidaknya ada 100 CEO di Global Fortune dimana 32% di antaranya memiliki gelar master of business adminstration.

2. Memiliki pengetahuan yang lebih luas

Dengan berkuliah sampai dapat gelar MBA, tentunya pengetahuan kamu akan lebih luas dibandingkan teman seumuranmu. Ilmu yang didapat dari kelas kuliah hingga penelitian yang kamu jalani kelak akan memberimu pengetahuan yang akan sangat berguna di dunia karier nanti.

3. Gaji yang menggiurkan

Biaya untuk kuliah program MBA ini memang nggak murah, tapi akan terbalas dengan gaji yang akan diterima saat kamu punya gelar ini. Tak main-main, saat lulus S2 nanti kamu bahkan berpeluang menjadi CEO dengan gaji yang sangat amat tinggi!

4. Networking tanpa batas

Melanjutkan S2 di luar negeri tentunya memberikanmu kesempatan untuk networking lebih luas lagi. Nggak hanya sebatas mahasiswa dari Indonesia, bahkan dengan mahasiswa lintas negara! Lingkungan sosialmu akan lebih luas, selain itu kamu bisa dengan mudah menjalin koneksi tak hanya sebatas pergaulan tetapi juga bisnis bahkan karir gelar MBA.

5.Meningkatkan kepercayaan diri

Tak semua orang memiliki kesempatan dalam memiliki gelar Master of Business Administration di belakang nama mereka. Jika kamu memiliki kesempatan mendapatkan gelar ini, artinya kamu beruntung banget. Kecerdasanmu di atas rata-rata yang mana orang akan lebih respect dan menghargaimu. Dengan begitu kamu akan memiliki percaya diri yang lebih tinggi.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2450 seconds (0.1#10.140)