Manjur untuk Asam Urat, Tim Mahasiswa UMM Buat Kombucha Teh Bunga Kenanga

Jum'at, 04 Agustus 2023 - 06:37 WIB
loading...
Manjur untuk Asam Urat, Tim Mahasiswa UMM Buat Kombucha Teh Bunga Kenanga
Ilustrasi teh. Foto/Getty Images.
A A A
JAKARTA - Tim mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) program studi Teknologi Pangan mengembangkan minuman yang bisa mencegah dan mengobati asam urat . Mereka adalah Muhammad Alif Ryan, Talitha Aulia Fitri, Anis Fadlia Hanum, dan Rina Ayu Wilasari.

Penelitian yang mereka kembangkan adalah tentang efektivitas kombucha cananga odorata dan ekstrak kulit apel manalagi sebagai minuman probiotik antihiperurisemia. Bahkan penelitian yang berbasis Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Riset Eksakta ini sukses mendapatkan pendanaan dari Kemendikbudristek.

Salah satu anggota, Rina Ayu Wilasari menjelaskan, potensi bunga kenanga cukup menjanjikan. Apalagi untuk menekan asam urat. "Bunga kenanga memiliki kandungan flavonoid yang tinggi berupa kuersetin dan miresetin. Zat-zat itu disinyalir berpotensi menghambat enzim oksidase. Sehingga dapat menurunkan kadar asam urat dalam tubuh," katanya, dikutip dari laman UMM, Jumat (4/8/2023).

Baca juga: Jurusan Kuliah 6 Menteri Perempuan Kabinet Indonesia Maju, Para Srikandi Lulusan Kampus Ternama

Kombucha ialah minuman probiotik yang dibuat melalui proses fermentasi teh menggunakan koloni mikroorganisme yang terdiri dari bakteri dan ragi. Proses fermentasi ini menghasilkan kombinasi asam organik, enzim, dan probiotik yang baik untuk sumber senyawa anti inflamasi. Selain itu juga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Sementara itu, Ketua Tim Muhammad Alif Ryan menyampaikan proses pembuatannya yang dimulai dari membuat teh bunga kenanga. Di sini, tanaman dibiarkan layu dan kemudian dikeringkan. Tahap berikutnya adalah penyeduhan yang dilakukan layaknya menyeduh teh pada umumnya. Setelah itu, berlanjut pada proses ekstrasi kulit apel manalagi.

Baca juga: Jurusan Kuliah 6 Sosok Dirut BRI Terakhir, Alumni Kampus Mana Saja?

Dalam proses ini, kulit apel manalagi dihancurkan menggunakan blender, lalu ditambahkan etanol dan diendapkan terlebih dahulu pada suhu ruang atau suhu kamar selama 24 jam. Setelah melalui proses pengendapan, barulah ekstraksi kulit apel di pisahkan antara cairan dengan residu nya menggunakan corong pisah.

Proses maserasi ini memungkinkan senyawa-senyawa yang diinginkan larut dalam pelarut secara perlahan selama periode perendaman. Proses ekstraksi ini dilakukan demi memperoleh kandungan flavonoid dan polifenol khususnya di senyawa kuersetin, katekin, miracetin, dan juga phlorizyn.

Langkah selanjutnya adalah tahap fermentasi. Seluruh bahan mulai dari teh bunga kenanga, ekstrak kulit apel manalagi dan scoby di masukkan dalam satu wadah. Campurannya akan melewati masa fermentasi selama 10 hari. Untuk memastikan kombucha ini siap di konsumsi, akan dilakukan uji lab terhadap ada atau tidaknya alkohol dalam minuman kombucha.

“Setelah itu, kombucha siap untuk dipacking. Nantinya, minuman ini akan berupa teh pada umumnya dan dikemas dengan botol higienis. Untuk takaran konsumsinya yakni seminggu tiga kali. Bisa diminum secara langsung atau ditambah dengan es batu,” pungkasnya.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1587 seconds (0.1#10.140)