2023 Taiwan Higher Education Fair Indonesia akan Tawarkan Beasiswa untuk Calon Mahasiswa

Jum'at, 04 Agustus 2023 - 19:30 WIB
loading...
2023 Taiwan Higher Education Fair Indonesia akan Tawarkan Beasiswa untuk Calon Mahasiswa
Konferensi pers 2023 Taiwan Higher Education Fair Indonesia (THEFI) yang dihadiri pengurus ICATI dan Direktur TETO Grace Ou. Foto/ICATI.
A A A
JAKARTA - 2023 Taiwan Higher Education Fair Indonesia (THEFI) akan digelar di tiga kota besar di Indonesia. Menghadirkan berbagai kampus terbaik di Taiwan, pameran ini juga akan menawarkan beasiswa pendidikan untuk pelajar Indonesia.

Direktur Taipei Economic and Trade Office (TETO) Grace Ou mengungkapkan, sejak 2018 hingga 2022 pelajar asing yang melanjutkan studinya di Taiwan mengalami peningkatan yang signifikan yakni sebesar 28 persen.

“Untuk pelajar dari Indonesia yang melanjutkan studinya ke Taiwan pada tahun 2022 sebanyak 16.639 orang. Dan pelajar Indonesia berada pada urutan kedua dari total pelajar asing yang studi di Taiwan,” jelasnya, dalam keterangan resmi, Jumat (4/08/2023).

2023 THEFI digelar oleh Ikatan Citra Alumni Taiwan se-Indonesia (ICATI) yang merupakan perkumpulan alumni Taiwan yang bersifat nirlaba. Salah satu misinya ialah berdedikasi pada pendidikan nasional, khususnya dalam meningkatkan hubungan pendidikan dan budaya antara Indonesia dan Taiwan.

2023 THEFI bertujuan untuk meningkatkan pertukaran program studi antara universitas dan sekolah menengah di Indonesia dengan universitas di Taiwan. Target perekrutan ialah siswa SMA, SMK, sarjana, dan pascasarjana

Baca juga: 9 Beasiswa Penuh ke Luar Negeri Jenjang S1 hingga S3, Cek Syarat dan Infonya

Ketua ICATI Jakarta Simon Hu berpendapat, 2023 THEFI menjadi momen yang sangat berharga untuk mengenal lebih jauh akan perguruan tinggi di Taiwan. ICATI percaya bahwa pameran pendidikan tinggi Taiwan pada tahun 2023 ini akan membawa manfaat besar bagi perguruan tinggi, sekolah dan pelajar Indonesia..

“Kali ini, pameran pendidikan akan digelar di tiga kota besar di Indonesia, yaitu Jakarta, Pekanbaru dan Medan. Adapun pameran pendidikan dimulai pada 12 Agustus di Jakarta, 13 - 14 Agustus di Pekanbaru dan 16 - 17 Agustus di Medan,” ungkapnya.

Menurut Ketua Umum Panitia 2023 THEFI Sudjadi Mulia, banyak perguruan tinggi Taiwan ideal menjadi pelabuhan anak muda atau pelajar Indonesia yang ingin meneruskan pendidikan ke jenjang lebih tinggi. Karena mempunyai reputasi tinggi yang diakui secara internasional, misalnya pada bidang akademik sains dan teknologi, kedokteran, teknik, pertanian, dan lain lain.

Selain itu, di Taiwan juga biaya kuliah maupun hidup relatif lebih rendah daripada di banyak negara lain. Ditambah, Taiwan menawarkan berbagai macam beasiswa dan kesempatan magang kepada pelajar asing. Guru sekolah Indonesia juga dapat memanfaatkan peluang beasiswa yang ditawarkan oleh perguruan tinggi Taiwan untuk meng-upgrade diri dengan mengambil program master dan doctoral di Taiwan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1991 seconds (0.1#10.140)