Apa Itu Gelar Master of Urban Design Seperti Disandang Ridwan Kamil? Memang Menjanjikan?

Sabtu, 05 Agustus 2023 - 12:02 WIB
loading...
Apa Itu Gelar Master of Urban Design Seperti Disandang Ridwan Kamil? Memang Menjanjikan?
Master of Urban Design atau Magister Desain Perkotaan fokus pada desain perkotaan di semua skala - dari distrik regional hingga blok lingkungan. Foto/wikipedia
A A A
JAKARTA - Pernah dengar gelar Master of Urban Design (MUD )? Salah satu gelar teknik dari universitas luar negeri ini memang terdengar asing karena masih sangat jarang yang menyandangnya di Indonesia.

Salah satu orang Indonesia yang memiliki gelar MUD adalah Ridwan Kamil yang meraih gelar tersebut di Universitas California, Berkeley Amerika Serikat tahun 2001.

Apakah Anda suka belajar kota? Apakah Anda tertarik untuk mendesain ruang publik? Menjadi perancang perkotaan yang mampu membentuk komunitas dan mengatasi tantangan kompleks seperti beradaptasi dengan perubahan iklim, mengatasi ketidakadilan sistemik, mengintegrasikan solusi berbasis alam, membangun ketahanan perkotaan, dan mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan adalah hal-hal yang berkaitan dengan gelar Master of Urban Design (MUD). Untuk menambah pengetahuan dan biar tidak salah memahami, berikut ulasan mengenai gelar MUD yang dirangkum dari berbagai sumber

Sekilas Apa Itu Gelar Master of Urban Design?


1. Master of Urban Design (MUD) atau Magister Desain Perkotaan adalah gelar pasca-profesional satu setengah tahun.

2. Desain perkotaan adalah disiplin desain dan pengelolaan kota yang selalu berubah didorong oleh urbanisasi, ekonomi global, dan kemajuan teknologi.

3. Program Magister Desain Perkotaan ditawarkan dalam kurikulum satu tahun dengan fokus utama pada desain perkotaan di semua skala - dari distrik regional hingga blok lingkungan.

4. Desain perkotaan adalah praktik yang dimaksudkan untuk membantu kota bentuk dan kota-kota ketika membangun dan menerapkan rencana untuk memungkinkan pertumbuhan di masa depan. umum daerah studi bagi mahasiswa desain perkotaan meliputi desain arsitektur, perencanaan kota, rekayasa jalan raya dan desain lansekap.

5. Program Magister Desain Perkotaan antara lain bertujuan menghasilkan desainer perkotaan yang terampil, kreatif dan profesional yang mampu mengambil keputusan dalam desain dan pengembangan perkotaan

6. Gelar Master of Urban Design (MUD) terbuka untuk siswa dengan gelar profesional di bidang arsitektur, arsitektur lansekap dan perencanaan kota dan wilayah.

7. MUD adalah tempat berkembang biak untuk eksperimen desain perkotaan, mendekati urbanisme melalui berbagai skala penyelidikan dengan proyek studio yang mendorong pekerjaan desain analitis dan spekulatif terkait dengan infrastruktur dan wilayah regional, perumahan perkotaan, pembangunan publik-swasta.


Kesempatan Karier Lulusan Bergelar MUD


• Lulusan program ini menempati posisi penting di dewan perencanaan lokal, regional dan nasional, dan perusahaan konsultan swasta.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1339 seconds (0.1#10.140)