Inovasi Dinding Tahan Gempa Antar Mahasiswa Undip Juara 3 Pilmapres 2023

Sabtu, 05 Agustus 2023 - 13:48 WIB
loading...
Inovasi Dinding Tahan Gempa Antar Mahasiswa Undip Juara 3 Pilmapres 2023
Mahasiswa Teknik Undip, Kharizma Aulia Syarifiyah berhasil meraih juara 3 di Pilmapres Tingkat Nasional 2023 kategori Diploma. Foto/Humas Undip
A A A
SEMARANG - Mahasiswa Universitas Diponegoro (Undip) mengharumkan nama kampus di kancah nasional. Adalah Kharizma Aulia Syarifiyah, mahasiswa D4 Teknik Infrastruktur Sipil dan Perancangan Arsitektur berhasil meraih juara 3 (tiga) di Pemilihan Mahasiswa Berprestasi ( Pilmapres) Tingkat Nasional Tahun 2023 kategori program Diploma.

Pada Pilmapres 2023 yang diselenggarakan pada 24-28 Juli 2023 di Universitas Hasanuddin Makassar ini, Kharizma berhasil meraih juara ketiga dengan karya produk inovatif yang berjudul “Mycobre-Wall: Inovasi Dinding Pracetak Tahan Gempa Berbasis Limbah Sabut Kelapa dan Jamur Mycelium menggunakan Seismic Base Isolation Guna Mewujudkan Pembangunan Berkelanjutan”.

“Saya membawakan produk inovatif dinding tahan gempa dengan memanfaatkan potensi limbah sabut kelapa dan jamur mycelium di Kabupaten Kulon Progo. Tak hanya itu, inovasi ini juga memanfaatkan teknologi tepat guna yaitu seismic base isolation sebagai peredam getaran. Alasan memilih inovasi ini karena saat ini banyak daerah di Indonesia yang mengalami gempa bumi terutama daerah di sekitar Yogyakarta. Inovasi ini diharapkan dapat meminimalisir kerusakan dan kerugian bagunan saat terjadi bencana gempa bumi,” jelas Kharizmadalam keterangan resmi, Kamis (3/8/2023)



Mahasiswa angkatan 2020 itu mengaku senang dan bangga setelah berhasil mendapatkan juara ketiga. “Saya merasa senang dan bangga karena perjuangan sebelum seleksi membuahkan hasil yang baik. Saya juga merasa tidak menyangka karena ketakutan akan presentasi yang buruk ternyata dapat diatasi dengan penampilan terbaik yang saya lakukan,” ungkapnya.

Sebelumnya, Kharizma sering mengikuti kompetisi ilmiah seperti essay ilmiah dan karya tulis ilmiah. Selain itu, Kharizma juga aktif mengikuti kegiatan konferensi sebagai delegasi. “Salah satu kompetisi yang saya menangkan yaitu juara 1 Civil Essay Clasical Fest 2022. Saya juga pernah mengikuti kegiatan konferensi di New York, Amerika Serikat dan mendapatkan penghargaan sebagai delegasi terbaik international youth leader. Kurang lebih sekitar 25 prestasi yang saya dapatkan baik kategori kompetisi, penghargaan, pengabdian, dan juga lainnya,” katanya.

Kedepan Kharizma mengaku ingin mengikuti kompetisi di bidang ilmiah dan desain. “Saya ingin mengikuti kegiatan kompetisi ilmiah agar dapat menyalurkan ide-ide saya seputar riset dan saya ingin mengikuti sayembara desain karena saya merupakan mahasiswa arsitektur yang nantinya dapat dimasukkan ke dalam portofolio kerja,” ujar Kharizma.

Pilmapres kompetisi mahasiswa yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional yang ada di bawah naungan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi setiap tahunnya. Tujuannya adalah untuk memberikan apresiasi kepada mahasiswa terbaik yang siap menjadi agen perubahan untuk membangun Indonesia yang lebih baik. Dengan fokus program Sarjana dan Diploma.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1763 seconds (0.1#10.140)