Unika Atma Jaya Beri Perhatian Khusus untuk Penderita Demensia Alzheimer

Minggu, 06 Agustus 2023 - 11:41 WIB
loading...
Unika Atma Jaya Beri Perhatian Khusus untuk Penderita Demensia Alzheimer
Peringatan 10 Tahun Alzheimer Indonesia di Gedung Yustinus kampus Unika Atma Jaya, Sabtu (5/8/2023). Foto/SINDOnews/Isra Triansyah.
A A A
JAKARTA - Unika Atma Jaya memiliki kepedulian khusus terhadap kualitas hidup kelompok masyarakat senior (senior citizen) atau lansia di Indonesia. Khususnya bagi penderita penyakit Demensia Alzheimer .

Universitas Katolik Indonesia (Unika) Atma Jaya sebelumnya telah bekerja sama dengan Alzheimer Indonesia (ALZI) membentuk pusat layanan terpadu Demensia Alzheimer yang diberi nama Atma Jaya – Alzheimer Indonesia (ATZI).

Dengan berdirinya pusat layanan terpadu Atma Jaya – Alzheimer Indonesia (ATZI) menjadi wujud nilai kepedulian Unika Atma Jaya selaku institusi pendidikan.

Ke depannya pusat layanan terpadu ATZI yang berada di lingkungan universitas ini juga akan terus mengembangkan program-program kepedulian terhadap Orang Dengan Demensia (ODD).

Dosen dan Guru Besar Unika Atma Jaya Prof. Dr. dr. Yuda Turana mengatakan, anak muda sejak umur 20 tahun perlu memulai kebiasaan dan gaya hidup yang mampu melindungi otak dari bahaya demensia di usia lanjut.

Baca juga: Biaya Kuliah Kedokteran Mahal? Tenang, IPB Sediakan Beasiswa untuk Mahasiswa Tak Mampu

"Kini kita tidak lagi bicara mengenai apa yang orang berusia 50 tahun dapat lakukan, tapi apa yang generasi muda dan lanjut usia dapat lakukan bersama-sama agar terlindung dari demensia Alzheimer,” katanya, dalam keterangan resmi, Minggu (6/8/2023).

Kini bertepatan dengan peringatan 10 Tahun Alzheimer Indonesia, Unika Atma Jaya mengadakan serangkaian acara yang fokus untuk memberikan penghargaan bagi para caregivers sebagai garda terdepan pendamping Orang Dengan Demensia (ODD).

Prof Yuda menambahkan, bahwa bertepatan dengan peringatan dasawarsa Alzheimer Indonesia juga diterbitkan slogan baru yaitu SEROJA SEMANGGI (Sehat Jasmani dan Rohani, Semangat Tinggi).

“Slogan ini menjadi roh dan semangat untuk ALZI sebagai sebuah komunitas yang mendampingi orang dengan Demensia,” ujar Prof Yuda yang juga menjadi Pembina ALZI ini.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2562 seconds (0.1#10.140)