10 Jurusan Favorit UIN, IAIN dan STAIN 2023, Ada Incaranmu?

Senin, 07 Agustus 2023 - 17:31 WIB
loading...
10 Jurusan Favorit UIN, IAIN dan STAIN 2023, Ada Incaranmu?
Salah satu jurusan favorit di UIN, IAIN dan STAIN 2023 adalah jurusan Manajemen Keuangan Syariah yang antara lain mempelajari soal manajerial keuangan.Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini deretan jurusan favorit di UIN, IAIN dan STAIN tahun 2023.Berada di bawah naungan Kementerian Agama, Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri atau PTKIN memang cukup banyak peminatnya.

Ada tiga jenis perguruan tinggi yang termasuk ke dalam kategori ini, yaitu universitas Islam negeri (UIN), institut agama Islam negeri (IAIN), dan sekolah tinggi agama Islam negeri (STAIN).Buat kamu yang tertarik masuk perguruan tinggi Islam negeri tetapi masih bingung menentukan jurusan, simak deretan jurusan favorit di UIN, IAIN, dan STAIN berikut ini yang dirangkum dari berbagai sumber.

Daftar 10 Jurusan Favorit UIN, IAIN dan STAIN

1.Manajemen Keuangan Syariah


Seperti yang kita tahu, keuangan syariah memang sedang menjadi jurusan favorit UIN, IAIN, dan STAIN. Masih banyak juga orang yang hanya mengikuti tren tanpa mempelajari apa itu keuangan syariah.

Jika kamu tertarik menggeluti bidang ini, maka kamu pun bisa mengambil jurusan Manajemen Keuangan Syariah di jenjang perguruan tinggi. Sebagai info untuk kamu, Manajemen Keuangan Syariah adalah sebuah kegiatan manajerial keuangan untuk mencapai tujuan dengan memperhatikan kesesuaiannya pada prinsip prinsip Syariah dalam agama Islam.

2. Ekonomi Syariah


Ekonomi Syariah umumnya akan mempelajari ilmu dan teori ekonomi mikro dan ekonomi makro, namun dari perspektif Islam. Salah satu jurusan favorit UIN, IAIN, dan STAIN.

Perspektif islam yang dimaksud ialah segala aspek dalam kegiatan perekonomian seperti aturan jual-beli, sewa-menyewa, hutang-piutang, simpan-pinjam, dan bagi hasil yang telah diatur dalam hukum Islam. Sebagai lulusan jurusan ini nantinya kamu bisa berkarier di berbagai lembaga keuangan, baik di bank maupun non-bank berbasis syariah maupun non-syariah.

3. Perbankan Syariah

Saat ini, jurusan Perbankan Syariah bisa dibilang menjadi salah satu jurusan favorit UIN, IAIN, dan STAIN yang kian banyak peminatnya. Hal ini dikarenakan menyesuaikan kebutuhan lapangan kerja yang semakin banyak membutuhkan lulusan jurusan yang satu ini.



Lulusan jurusan ini pun bisa mengisi peluang untuk menjadi peneliti unggul dalam bidang kajian perbankan syari’ah, ekonomi Islam, dan bidang kajian keuangan Islam lainnya

4. Pendidikan Agama Islam


Mendalami ilmu agama ternyata juga bisa kamu lakukan sejalan dengan pilihan pendidikan akademis sepertu Pendidikan Agama Islam. Jurusan yang satu ini bertujuan untuk menciptakan seorang calon penerus generasi bangsa yang cerdas, unggul modern dan Islam. Termasuk jurusan favorit UIN, IAIN, dan STAIN.

5. Manajemen Pendidikan


Manajemen Pendidikan umumnya akan memfokuskan mahasiswa untuk mempelajari kebijakan pendidikan, manajemen dan pengembangan SDM, manajemen keuangan, teknologi informasi, dan pengembangan kurikulum. Tujuan dari Manajemen Pendidikan adalah untuk mengedukasi para profesional yang bergelut dalam Bidang Pendidikan.Dengan mengambil jurusan ini, para profesional tersebut berharap untuk mengasah kemampuan mereka untuk berpikir kritis dan cepat.

6. Farmasi


Jika kamu yang ingin berkecimpung di dunia medis tetapi tidak ingin menjadi dokter atau perawat, jurusan yang satu ini mungkin cocok untuk kamu pilih.Jurusan Farmasi merupakan kombinasi antara ilmu kesehatan dengan ilmu kimia dan tentunya sangat diperlukan di dunia medis. Salah satu jurusan favorit UIN, IAIN, dan STAIN.

7.Akuntansi Syariah


Jurusan favorit UIN, IAIN, dan STAIN berikutnya. Akuntansi Syariah merupakan ilmu di bidang akuntansi yang menekankan pada pencatatan transaksi, tindakan, pelaporan serta keputusan yang sesuai dengan syariat Islam. Perbedaan utama antara Akuntansi Ayariah dan Akuntansi biasa adalah bagaimana informasi dibagikan.



Akuntansi Syariah menyediakan semua informasi dengan jelas kepada prospek, informasi yang baik maupun buruk, sedangkan dalam penyajian informasi Akuntansi saja yang diberikan hanya informasi pilihan saja.

8. Psikologi Islam


Psikologi Islam merupakan salah satu cabang ilmu psikologi. Salah satu jurusan favorit UIN, IAIN, dan STAIN. Psikologi Islam merupakan perspektif Islam terhadap psikologi modern dengan membuang konsep-konsep yang tidak sesuai dengan Islam.

9. Hukum Ekonomi Syariah


Hukum Ekonomi Syariah adalah hukum ekonomi yang didasari oleh atau secara syariah, atau dilandasi dengan pedoman Al Quran dan Hadist beserta Ijtihad para Ulama. Jadi jika digabungkan Definisi dari Hukum ekonomi syariah adalah hukum yang mengatur segala hal yang berkaitan dengan kegiatan sistem ekonomi yang dilandasi dan didasari oleh nilai-nilai islamiah yang tercantum dalam Al-quran, hadist, dan Ijtihad para ulama.

10. Komunikasi Penyiaran Islam


Komunikasi Penyiaran Islam umumnya mempelajari tentang komunikasi dalam bidang pers, penyiaran, dan retorika yang dijiwai oleh nilai-nilai Islam. Jurusan ini memusatkan kajiannya pada tiga bidang, yaitu Khithabah (Tabligh, dan dakwah), Kitabah (tulis menulis), dan Broadcasting (Penyiaran).

Apa Itu UIN, IAIN, dan STAIN?

1. UIN


Universitas Islam Negeri (UIN) merupakan bentuk perguruan tinggi Islam negeri di Indonesia yang menyelenggarakan pendidikan akademik pada sejumlah disiplin ilmu pengetahuan. Termasuk ilmu pengetahuan di luar studi keislaman. UIN merupakan salah satu bentuk perguruan tinggi Islam negeri selain Institut Agama Islam Negeri (IAIN) dan Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN).

2. IAIN


Merupakan bentuk perguruan tinggi Islam negeri di Indonesia yang menyelenggarakan pendidikan akademik dalam disiplin ilmu keaagaman Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) dibentuk oleh pemerintah pada tahun 1960 di kota Yogyakarta dengan nama IAIN Al Jami’ah al-Islamiah al-Hukumiyah.

3. STAIN


Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) adalah bentuk perguruan tinggi Islam negeri di Indonesia yang menyelenggarakan pendidikan akademik dalam disiplin ilmu keaagaman Islam. Cikal bakal berdirinya STAIN tak lepas dari IAIN yang didirikan pertama kali di kota Yogyakarta pada tahun 1960.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1809 seconds (0.1#10.140)