Perpusnas RI Ingatkan Pentingnya Anak Indonesia Cerdas Literasi dan Bermedia Sosial

Senin, 07 Agustus 2023 - 21:00 WIB
loading...
Perpusnas RI Ingatkan Pentingnya Anak Indonesia Cerdas Literasi dan Bermedia Sosial
Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas RI), mengingatkan orang tua punya peran penting agar anaknya cerdas literasi dan bermedia sosial. Foto. Freepik
A A A
JAKARTA - Penggunaan gadget pada anak di era digital sudah tidak bisa terelakkan lagi. Agar gadget berdampak positif bagi anak, Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas RI), mengingatkan bahwa orang tua punya peran penting menjadikan anaknya cerdas literasi dan bermedia sosial.

Orang tua berperan penting sebagai pendukung utama dalam membekali anak-anak dengan pengetahuan, pemahaman, serta keterampilan agar cerdas literasi dan bermedia sosial. Dengan bekal tersebut anak-anak akan memiliki peluang yang lebih baik, dalam mengembangkan potensi dalam meraih masa depan.

Hal tersebut menjadi bahasan hangat dalam talkshow The Leader dengan tema “Anak Indonesia Cerdas Literasi dan Bermedia Sosial” di Jakarta, Kamis (3/8/2023). Talkshow tersebut ditayangkan live streaming di MNC Trijaya 104.6 FM, kanal YouTube Sindonews, dan iNews.

Talkshow yang dipandu Nick Wardi menghadirkan narasumber dari Perpusnas RI, yakni Kepala Pusat Jasa Informasi Perpustakaan dan Pengelolaan Naskah Nusantara Agus Sutoyo, dan Pustakawan Layanan Anak Fitriana Ramadhani.

Agus Sutoyo mengatakan, perkembangan teknologi dan gadget yang begitu cepat, membuat anak-anak cenderung melupakan pentingnya peranan buku dalam rutinitas keseharian. Padahal, buku memiliki peran penting bagi generasi bangsa.
Perpusnas RI Ingatkan Pentingnya Anak Indonesia Cerdas Literasi dan Bermedia Sosial

Dok. YouTube MNC Trijaya 104.6 FM

Menyikapi fenomena tersebut, Perpusnas RI sejak 2003 sudah mengkampanyekan pentingnya membaca buku melalui duta baca nasional saat itu, Tantowi Yahya, dengan tagline Ibuku Perpustakaan Pertamaku.

Artinya, orang tua punya peran penting di rumah, sebelum seorang anak bersosialisasi di luar rumah. Orang tua menjadi garda terdepan untuk mendampingi anak-anak mereka mengenal bacaan dan tulis menulis (literasi) sedini mungkin.

Manfaat literasi, kata Agus, memperkaya perbendaharaan kosa kata, mengoptimalkan kinerja otak, memperluas wawasan dan memperoleh informasi baru, hingga meningkatkan kepekaan terhadap informasi di media sosial.

"Kampanye literasi Ibuku Perpustakaan Pertamaku masih terus kita laksanakan. Dengan duta baca nasional yang berganti-ganti. Tujuannya tetap sama yakni mengajak untuk dekat dengan buku sehingga anak cerdas literasi dan bermedia sosial," kata Agus.

Perpusnas RI dengan gedung baru 24 lantai di Jalan Merdeka Selatan 11, Jakarta, memiliki layanan anak, seperti ruang baca yang nyaman bagi anak-anak dan keluarga. Selain itu, dilengkapi dengan ribuan koleksi buku yang beragam, seperti komik, cerita rakyat, board book, dan lainnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2304 seconds (0.1#10.140)