Berusia 25 Tahun, Mahasiswa Unpad Ini Berhasil Meraih 4 Gelar Akademik hingga Doktor

Rabu, 09 Agustus 2023 - 13:44 WIB
loading...
Berusia 25 Tahun, Mahasiswa Unpad Ini Berhasil Meraih 4 Gelar Akademik hingga Doktor
Mahasiswi Unpad peraih 4 gelar akademik di usia 25 tahun, Wiwit Nurhidayah. Foto/Unpad.
A A A
JAKARTA - Bukan seperti mahasiswa pada umumnya yang di usia muda baru menyandang satu gelar akademik, mahasiswi Universitas Padjadjaran (Unpad) ini malah sudah berhasil menyandang 4 gelar akademik. Mahasiswi Unpad itu bernama Wiwit Nurhidayah.

Empat gelar yang disandang Wiwit adalah Sarjana Farmasi (S.Farm.), Apoteker (Apt.), dan Magister Sains (M.Si.,). Gelar terakhir, yaitu Doktor (Dr.) setelah Sidang Terbka, Selasa (8/8/2023).

Bertekad menjadi Ilmuwan


Perempuan berjilbab ini memang memiliki tekad untuk menjadi seorang ilmuwan. Hal ini juga yang mendasarinya untuk menyandang empat gelar akademik di usianya yang masih 25 tahun itu.

Gelar Doktor resmi disandangnya usai menjalani sidang terbuka program Doktor Kimia Fakultas MIPA Unpad. Lulus menjadi Sarjana dari Fakultas Farmasi Unpad 2018 akhir, dia langsung mengikuti program Profesi Apoteker sembari mengajukan lamaran untuk program beasiswa PMDSU.

Wiwit pun berhasil menjadi penerima beasiswa dan diterima pada Program Magister dan Doktor Kimia FMIPA Unpad. Gelar doktor itu berhasil dia raih karena program beasiswa Pendidikan Magister menuju Doktor untuk Sarjana Unggul (PMDSU) garapan Kemendikbudristek.

Baca juga: 20 Universitas di Indonesia dengan Website dan Media Sosial Terbaik, Ada Kampusmu?

Lulus dengan Pujian


Wiwit pun berhasil lulus dengan predikat “Pujian” setelah mempertahankan disertasinya yang berjudul “The Cellular and Preclinical Evaluations of [125/131]Ialpha Mangostin as Radiopharmaceutical Candidate for Breast Cancer”.

"Jujur ga menyangka bisa sampai ke S3 dan bahkan nggak ada bayangan mau jadi Doktor," katanya tak percaya dengan capaian prestasinya tersebut, dikutip dari laman Unpad, Rabu (9/8/2023).

Wiwit awalnya hanya menargetkan mengambil studi sampai Magister terlebih dahulu baru kemudian menabung untuk melanjutkan ke program Doktor. Namun dia mendengar kisah tentang beasiswa PMDSU dari dosennya saat kuliah Sarjana. Setelah ditelusuri, ia pun memiliki ketertarikan untuk mengambil program tersebut.

“Awalnya saya targetkan bisa dapat PMDSU pada 2021, tetapi Alhamdulillah bisa dapat lebih cepat di 2019,” ujar perempuan yang lahir di Garut, 2 April 1998 tersebut.

Berlabuh di Prodi Kimia


Program Kimia menjadi pilihan program studi untuk melanjutkan kuliah. Kendati demikian, Wiwit menyadari bahwa selama ini ia belum terlalu menguasai ilmu kimia secara keseluruhan.

Baca juga: Jurusan Kuliah Rocky Gerung, Studinya Apa Saja Ya?

Diakuinya, ia masih lemah pada beberapa bidang ilmu dari kimia. Khawatir ketidakmampuannya tersebut akan menghambat proses belajar, nyatanya Wiwit dikelilingi lingkungan yang suportif.

“Syukur teman-temannya juga suportif dan kebanyakan teman-teman saya juga dari Kimia, jadi biasanya belajar privat sama teman yang sudah lebih paham,” ujarnya.

Riset tesis dan disertasi yang dilakukan Wiwit merupakan lanjutan dari apa yang sudah ditelitinya dalam skripsi di bawah bimbingan Prof. apt. Muchtaridi, PhD, tentang potensi buah manggis. Dari hasil penelitiannya, Wiwit berhasil memublikasikan dua publikasi ilmiah pada jurnal Q-1 sebagai penulis pertama.

Ingin Lanjut Studi Post-Doctoral


Tidak hanya dipromotori oleh dosen Unpad, riset Wiwit juga dipromotori oleh Prof. Tomoya Uehara, PhD, dari Chiba University, Jepang. Berhasil meraih empat gelar akademik di usia muda, Wiwit masih berjibaku untuk mewujudkan cita-citanya. Karier keilmuannya tidak berhenti hanya sampai Doktor. Saat ini, ia berencana untuk melanjutkan studi Post-doctoral.

“Mungkin orang lain bilang oh udah dapat gelar tinggi lalu sudah. Buat saya ini bukan titik akhir tapi justru ini permulaan karena di titik ini saya masih merasa belum punya apa-apa. Masih masih banyak yang ingin dipelajari, ingin dicoba. Jadi harapannya meskipun sudah dapat gelar doktor ini saya akan tetap terus belajar untuk bisa menjadi lebih baik lagi,” pungkasnya.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1266 seconds (0.1#10.140)