Ini Kisah Munandar, Mahasiswa Termuda UNY yang Masih Berusia 15 Tahun

Kamis, 10 Agustus 2023 - 10:29 WIB
loading...
Ini Kisah Munandar, Mahasiswa Termuda UNY yang Masih Berusia 15 Tahun
Mahasiswa termuda UNY Munandar Julkarnaen. Foto/UNY.
A A A
JAKARTA - Munandar Julkarnaen menyandang mahasiswa termuda di Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Mahasiswa baru kelahiran Bima, 8 Desember 2007 ini diterima di UNY tahun ini pada usianya yang baru menginjak 15 tahun 8 bulan.

Anak pasangan Waluyo dan Sumarni mengatakan, dia mendaftar melalui jalur seleksi mandiri di PTN yang dipimpin Rektor Prof. Sumaryanto ini didorong kesukaannya pada bidang olah raga khususnya sepak bola.

Munandar pun berhasil lolos seleksi dan diterima pada program studi Ilmu Keolahragaan Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan UNY. “Saya senang dapat diterima di UNY,” ujarnya, dikutip dari laman UNY, Kamis (10/8/2023).

Baca juga: 6 Konsekuensi yang Harus Ditanggung Jika Daftar Sekolah Ikatan Dinas, Sudah Siap?

WargaDusun Sakolo RT 17 RW 7, Desa Simpasai, Kecamatan Lambu, Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat t itu memiliki nilai akademik yang bagus. Nilai rata-rata 83,35 Munandar di atas 80 untuk mata pelajaran Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Pendidikan Agama, Budi Pekerti, serta Bahasa Indonesia.

Nilai di atas 80 ini juga didapat di pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan serta Prakarya dan Kewirausahaan. Munandar juga meraih nilai di atas 80 untuk mata pelajaran pilihan Informatika. Nilai tertinggi yang didapatkannya adalah 90,50 pada mata pelajaran Kimia.

Baca juga: 6 Fakta Amadeo Yesa, Mahasiswa ITS Peraih Nilai UTBK Tertinggi yang Suka Matematika

Alumnus SMAN 2 Lambu yang tercatat juga menyabet prestasi pada Liga Anak Nusantara beberapa waktu lalu ini mengaku, meski usianya lebih muda dari teman sekelasnya namun selama sekolah dia tidak mengalami kendala apa pun dan lulus tepat waktu.

Munandar Julkarnaen berharap, setelah diterima di UNY dirinya dapat membagi waktu antara kuliah dan juga dapat lebih meningkatkan prestasi. Dia pun akan mengikuti unit kegiatan mahasiswa yang sesuai dengan minat dan bakatnya.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1499 seconds (0.1#10.140)