Apa Dampak Lulus SNBP 2023 Tapi Tak Diambil? Jangan Sampai Terjadi, Ini Risikonya

Kamis, 10 Agustus 2023 - 13:17 WIB
loading...
Apa Dampak Lulus SNBP 2023 Tapi Tak Diambil? Jangan Sampai Terjadi, Ini Risikonya
Siswa yang telah lulus SNBP 2023 tetapi tidak diambil maka dia tidak bisa mendaftar melalui jalur seleksi lain seperti SNBT. Foto/laman UNS
A A A
JAKARTA - Lulus SNBP 2023 tapi tidak diambil, apa konsekuensinya? Pertanyaan itu mungkin bisa saja terbersit di benak kamu yang mendaftar lewat Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP) 2023 tetapi berubah pikiran karena ingin mendaftar melalui seleksi jalur lain.

Sangat penting untuk mempertimbangkan konsekuensi jangka panjang dari pilihan mengambil atau tidak jalur seleksi SNBP baik di bidang pribadi maupun profesional. Dengan memahami implikasi potensial, siswa nantinya dapat membuat keputusan berdasarkan informasi yang sejalan dengan tujuan dan aspirasi mereka. Lalu apakah ada dampak atau konsekuensinya jika kamu lulus SNBP 2023 tapi tidak diambil? Untuk mencari jawaban akan hal itu artikel di bawah ini akan mengulasnya.

Penilaian dalam SNBP 2023


Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) adalah salah satu jalur seleksi masuk perguruan tinggi dengan berdasarkan prestasi. Proses penilaian didasari dengan prestasi yang dimiliki siswa. Berikut penilaian dalam SNBP 2023:

1. Bobot Penilaian


Proses penilaian SNBP 2023 yaitu berdasarkan dua komponen yaitu komponen nilai rata-rata rapor dari seluruh mata pelajaran yaitu bobot minimal 50%, dan komponen penggali minat serta bakat dengan bobot maksimal 50%.

2. Mata Pelajaran Pendukung


Mata pelajaran pendukung adalah mata pelajaran pendukung program studi di PTN (Perguruan Tinggi Negeri).
Mata pelajaran pendukung setiap program studi yang ada di pilihan SNBP dirinci dalam keputusan Mendikbud Ristek RI Nomor 345/M/2022.

3.Komponen Penggali Minat Bakat


Dan penilaian SNBP 2023 yang terakhir adalah komponen penggali minat dan bakat. Ini adalah komponen dua dalam SNBP 2023 dan berbobot maksimal 50%. Sisa dapat melampirkan nilai rapor maksimal dari 2 mata pelajaran pendukung, prestasi dan juga portofolio untuk program studi seni dan juga olahraga.


Sejumlah Konsekuensi Jika Lulus SNBP 2023 Tapi Tidak Diambil

1. Pertama, siswa akan di blacklist dari jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT). Ini artinya siswa tidak bisa mendaftar melalui jalur seleksi lain seperti SNBT.

2. Selain itu, tidak memanfaatkan hasil SNBP 2023 dapat mengakibatkan potensi dan sumber daya terbuang sia-sia, mengingat waktu dan tenaga yang dikeluarkan untuk persiapan seleksi.

3. Selain itu keputusan tidak mengambil meski lulus ujian SNBP 2023 dapat berdampak panjang pada masa depan siswa.

4. SNBP atau Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi, merupakan jalur seleksi kuliah di perguruan tinggi negeri yang menggunakan penilaian berdasarkan dengan prestasi siswa.

5. Dan tentu saja bagi calon mahasiswa baru yang tidak melanjutkan perkuliahan padahal sudah lolos seleksi SNBP maka akan mendapatkan sanksi.

6. Karena adanya konsekuensi sanksi itulah, peserta SNBP diimbau untuk yakin dengan program studi yang dipilih dan perguruan tinggi negeri tujuan, baik itu pilihan pertama maupun terakhir.

7. Terkait dengan pemilihan prodi, setiap calon mahasiswa baru yang eligible diperbolehkan memilih dua program studi dalam satu Perguruan Tinggi Negeri maupun Perguruan Tinggi Negeri berbeda.

8. Apabila peserta SNBP memilih dua program studi, maka salah satunya haruslah berada di perguruan tinggi di provinsi yang sama dengan sekolah asal.

9. Sedangkan, jika peserta SNBP hanya memilih satu program studi maka peserta dapat memilih PTN yang berbeda di provinsi manapun.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2963 seconds (0.1#10.140)