Ini 5 Tips Sukses Masuk PTN Berdasarkan Prestasi dari Kemendikbudristek

Jum'at, 09 September 2022 - 11:57 WIB
loading...
Ini 5 Tips Sukses Masuk PTN Berdasarkan Prestasi dari Kemendikbudristek
5 tips sukses masuk PTN berdasarkan prestasi tahun depan. Foto/Ilustrasi/SINDOnews.
A A A
JAKARTA - Melalui Merdeka Belajar Episode ke-22 Transformasi Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) Kemendikbudristek mengubah syarat masuk ke PTN. Termasuk juga melalui seleksi berdasarkan prestasi.

Jika tahun-tahun sebelumnya seleksi masuk PTN yang pertama kali dibuka untuk calon mahasiswa baru yang dijaring melalui prestasi itu disebut dengan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) kini berganti menjadi Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi.

Baca juga: Unesa Bersiap Sambut Perubahan Seleksi Masuk PTN

Dikutip dari paparan Merdeka Belajar Episode ke-22:Transformasi Seleksi Masuk PTN, berikut ini sejumlah peraturan yang berlaku di Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi.

Diketahui, Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi berfokus pada pemberian penghargaan yang tinggi atas kesuksesan pembelajaran yang menyeluruh di pendidikan menengah. Hal ini dilakukan melalui:

1. Minimal 50% nilai rata-rata rapor seluruh mata pelajaran. Hal ini agar peserta didik terdorong untuk berprestasi di seluruh mata pelajaran secara holistik.

2. Maksimal 50% komponen penggali minat dan bakat. Hal ini bertujuan agar siswa mengeksplorasi minat dan bakatnya secara lebih mendalam.

- Nilai rapor dari maksimum dua mata pelajaran pendukung, dan atau
- Prestasi, dan atau
- Portofolio (untuk program studi seni dan olahraga).

Baca juga: Berikut 3 Skema Seleksi Masuk PTN Terbaru yang Akan Berlaku Tahun Depan

Peran PTN menentukan:
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4857 seconds (0.1#10.140)