Unesa Bersiap Sambut Perubahan Seleksi Masuk PTN

Jum'at, 09 September 2022 - 11:22 WIB
loading...
Unesa Bersiap Sambut Perubahan Seleksi Masuk PTN
Unesa bersiap menyambut perubahan seleksi masuk PTN. Foto/Tangkap layar laman Unesa.
A A A
JAKARTA - Kemendikbudristek meluncurkan Merdeka Belajar episode ke-22 tentang Transformasi Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Perubahan seleksi masuk PTN tersebut mendapat respons dari berbagai kampus termasuk Universitas Negeri Surabaya (Unesa).

Wakil Rektor Bidang Akademik Unesa, Prof. Dr. Bambang Yulianto mengatakan bahwa kampus ‘Satu Langkah di Depan’ itu menyambut baik kebijakan anyar tersebut. Unesa, lanjutnya, tentu mengikuti aturan yang baru sembari menyiapkan segala hal yang diperlukan dalam implementasinya di lapangan.

Baca juga: Aturan Masuk PTN Dirombak, Tes Mata Pelajaran di SBMPTN Dihapus

“Kebijakan ini tentu lahir dari pertimbangan yang matang untuk mendorong pembelajaran secara menyeluruh, fokus pada penalaran, inklusif dan mengakomodasi keberagaman peserta didik, transparan dan integratif. Unesa mendukung dan akan diimplementasikan dengan baik,” katanya, dikutip dari laman Unesa, Jumat (9/9/2022).

Sementara itu, Ketua Satuan Admisi Unesa Dr. Sukarmin menyampaikan bahwa Unesa siap menyesuaikan aturan dengan kebijakan baru. Dia melanjutkan, memang ada sejumlah perubahan dalam tiga seleksi tersebut.

Untuk seleksi nasional berdasarkan prestasi sekarang minimal 50% ditentukan dari rata-rata rapor seluruh mata pelajaran dan sisanya komponen penggali minat dan bakat.

Kemudian untuk seleksi nasional berdasarkan tes, terdapat perubahan mendasar pada materi tes fokusnya pada tes skolastik. “Terkait ini semua, secara intern, Satuan Admisi akan menentukan formulasi penentuan komponen penggali minat dan bakat dan akan koordinasi dengan panitia nasional,” ucapnya.

Baca juga: Mahasiswa IPB Olah Kacang Bogor Jadi Sereal Bernutrisi Tinggi

Lalu untuk seleksi mandiri, Admisi Unesa akan mengembangkan sistem yang lebih transparan khususnya terkait daya tampung, metode seleksi dan besaran biaya pendidikan. “Poin ini sudah dilakukan Admisi sebelum-sebelumnya lewat program sosialisasi di sekolah-sekolah maupun dijelaskan kepada sekolah yang berkunjung ke Unesa,” ujarnya.

Dia menambahkan, Unesa memiliki tujuh fakultas dan satu program vokasi; ada Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP), Fakultas Ilmu Olahraga (FIO), Fakultas Bahasa dan Seni (FBS), Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum (FISH), Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB), Fakultas Teknik, dan Program Vokasi.

“Fakultas-fakultas ini membawahi 70 lebih program studi dengan keilmuan yang beragam. Ada keolahragaan, seni, kependidikan, bahasa, sosial, hukum, teknik dan sebagainya. Kami yakin Unesa akan menjadi daya tarik tersendiri sesuai variasi bakat dan minat yang dimiliki calon mahasiswa,” tutupnya.
(nnz)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1468 seconds (11.210#12.26)