Jurusan Kuliah untuk yang Tak Suka Matematika dan Bahasa Inggris, Apa Saja?

Minggu, 13 Agustus 2023 - 10:42 WIB
loading...
Jurusan Kuliah untuk yang Tak Suka Matematika dan Bahasa Inggris, Apa Saja?
Jurusan Bahasa Arab atau Sastra Arab menjadi salah satu jurusan yang cocok bagi kamu yang tak suka matematika dan Bahasa Inggris. Foto/Laman UNS
A A A
JAKARTA - Bingung memilih jurusan kuliah karena tidak ingin belajar matematika dan bahasa Inggris? Pernah menjumpai siswa sekolah menengah yang benar-benar tidak menyukai matematika dan bahasa Inggris ? Biasanya rasa tidak suka tersebut akan terbawa hingga kuliah.

Alhasil siswa yang menghindari matematika dan bahasa Inggris kemudian mencari jurusan kuliah yang tidak mengajarkan keduanya. Kalaupun diajarkan, setidaknya mata kuliah tersebut tidak bersifat wajib dengan beban SKS yang tidak terlalu banyak.

Saat ini masih ada jurusan yang membebaskan mahasiswanya dari matematika dan bahasa Inggris. Penasaran apa saja jurusan kuliah tanpa matematika dan bahasa Inggris yang bisa menjadi pertimbanganmu? Dirangkum dari berbagai sumber, simak artikel berikut ini.

Jurusan Kuliah Minim Matematika dan Bahasa Inggris

1. Jurusan Bahasa Arab atau Sastra Arab


Jurusan pertama yang bisa kamu pilih agar terhindar dari matematika dan bahasa Inggris adalah Jurusan Bahasa Arab. Dengan memilih Jurusan Bahasa Arab atau Jurusan Sastra Arab, kegiatan perkuliahan akan fokus pada keterampilan berbahasa Arab.

Terdapat mata kuliah tentang membaca, menulis, menyimak, percakapan, dan berbicara. Ada pula ilmu tentang nahwu (sintaksis bahasa Arab) dan sharaf (morfologi bahasa Arab). Jika kamu memilih jurusan sastra, kamu akan belajar tentang fonologi, sintaksis, semantik, pragmatik, dan keilmuan penunjang lainnya.

Selain itu, biasanya pihak kampus juga menyediakan mata kuliah penunjang di luar bahasa Arab, misalnya multimedia bahasa Arab, hingga Hubungan Internasional. Jika mata kuliah yang berkaitan dengan bahasa Inggris tersebut termasuk mata kuliah pilihan, kamu tidak wajib mengambilnya. Perlu kamu ketahui pula bahwa mata kuliah suatu jurusan di kampus berbeda sangat mungkin mengalami perbedaan.

2. Jurusan Bahasa Indonesia


Berkuliah di Jurusan Bahasa Indonesia memungkinkanmu untuk belajar lebih banyak tentang tata bahasa dan seluk beluknya. Tentunya kamu akan terhindar dari mata kuliah matematika.

Selama menjalani perkuliahan, kamu akan lebih fokus mempelajari cara melafalkan bunyi dalam bahasa Indonesia, struktur bahasa, belajar tentang sastra, dan mata kuliah penunjang lainnya. Di beberapa kampus, mata kuliah bahasa Inggris mungkin akan kamu temui, tetapi dengan jumlah SKS yang sedikit.


Setelah lulus dari Jurusan Bahasa Indonesia, peluang menjadi interpreter, penerjemah, leksikografer, penulis, jurnalis, hingga tenaga pengajar pun bisa kamu dapatkan. Bahkan, kamu juga bisa bekerja di instansi pemerintahan.

Sebelum memutuskan untuk memilih Jurusan Bahasa Indonesia, kamu bisa mencari tahu kurikulum per semester. Nantinya akan muncul mata kuliah apa saja yang akan diajarkan di jurusan tersebut, sehingga kamu tidak kecewa dan bisa bersiap diri.

3. Jurusan Desain Komunikasi Visual


Ketika kamu masuk Jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV), kamu akan dihadapkan dengan mata kuliah yang berhubungan dengan komunikasi dan narasi visual, serta mata kuliah penunjang lainnya. Kamu pun akan semakin akrab dengan berbagai media dan aplikasi editing.

Kuliah di Jurusan Komunikasi Visual memungkinkan kamu untuk berkarier di bidang industri kreatif. Bahkan, peluang bekerja freelancer hingga sutradara juga terbuka lebar.Pastinya di jurusan ini tidak ada mata kuliah matematika dan bahasa Inggris. Namun, disarankan agar kamu tetap mempelajarinya untuk mendukung studi.

Sebab, beberapa istilah dalam jurusan ini sangat mungkin menggunakan bahasa Inggris, sehingga kamu tidak akan kebingungan jika berhadapan dengan istilah tersebut.

4. Jurusan Ilmu Sejarah


Jurusan Ilmu Sejarah sangat identik dengan mempelajari masa lalu, misalnya tentang kehidupan di bumi, perkembangan politik, hingga asal-usul suatu tempat. Ada banyak hal yang bisa kamu pelajari di Jurusan Ilmu Sejarah untuk diambil nilainya dan diterapkan dalam kehidupan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4000 seconds (0.1#10.140)