10 Universitas Negeri Ini Punya Rumah Sakit Pendidikan Sendiri, Kampus Mana Saja?

Senin, 14 Agustus 2023 - 11:15 WIB
loading...
10 Universitas Negeri Ini Punya Rumah Sakit Pendidikan Sendiri, Kampus Mana Saja?
Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS) Solo adalah salah satu PTN yang memiliki Rumah Sakit Pendidikan (RSP) sendiiri di Indonesia. Foto/laman UNS
A A A
JAKARTA - Ini universitas negeri yang memiliki rumah sakit pendidikan sendiri. Kamu ingin kuliah di fakultas kedokteran? Jurusan kedokteran menjadi salah satu prodi favorit selama bertahun-tahun. Apakah jurusan ini menjadi jurusan favoritmu?

Nantinya lulusan Jurusan Kedokteran biasanya bakal menjadi ko-asisten (koas) di Rumah Sakit Pendidikan (RSP). Lalu di mana saja RSP bagi para koas tersebut? Dirangkum dari berbagai sumber, ini 10 perguruan tinggi negeri yang memiliki rumah sakit pendidikan sendiri

Daftar 10 Universitas Negeri yang Memiliki Rumah Sakit Pendidikan

1.Universitas Gadjah Mada (UGM)


Rumah Sakit Universitas Gadjah Mada (RS UGM) berlokasi di Jl. Kabupaten, Kranggahan I, Trihanggo, Kec. Gamping, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55291.

RS UGM ini ditetapkan sebagai rumah sakit tipe B pada tahun 2014. Layanan RS ini cukup lengkap termasuk laboratorium, bedah, rehabilitasi medis, kesehatan umum, radiologi dan imaging, layanan darurat, dan diagnostic.

Bahkan, RS UGM juga dilengkapi dengan fasilitas MCT-SCAN 128 Slices, EEG, BMD, USG 4D, X-Ray Mobile, Unit, dan fasilitas medis lain. Rumah Sakit Akademik UGM membuka layanan Laboratory Service 24 hours yang ditujukan bagi pasien umum.

2.Universitas Indonesia (UI)


Rumah Sakit Universitas Indonesia merupakan Rumah Sakit Pendidikan Tinggi Negeri (RS-PTN) pertama di Indonesia yang mempunyai konsep hijau atau green hospital concept yang ramah lingkungan dan mengutamakan pada keselamatan pasien. RS UI juga memiliki konsep one stop health service.

Rumah sakit yang berdiri di atas lahan seluas 106.100 meter persegi ini memiliki 300 beds rawat inap, ruang observasi bagi mahasiswa kedokteran, dan infrastruktur teknologi yang mendukung pembelajaran medis. RS UI dibangun dengan konstruksi anti gempa dan kompartemen tahan api di setiap lantai.

3.Universitas Airlangga (Unair)


RS Unair juga memiliki Airlangga Aesthetic Center (ACC) yang baru diresmikan pada akhir 2018. Indonesia varises, skin and facial aesthetic, stem cell anti aging, dan dental aesthetic menjadi unggulan ACC RSUA. Bahkan, RSUA juga memiliki kantor sekretariat dari 39 RS PTN se-indonesia.



Rumah sakit Universitas Airlangga berlokasi di Kampus C Mulyorejo, Surabaya, Jawa Timur. Rumah sakit Universitas Airlangga memiliki fasilitas seperti instalasi rawat jalan, rawat inap, farmasi 24 jam, IGD 24 jam, gizi klinik, kedokteran fisik dan rehabilitasi, laboratorium, medical check up, radiologi, serta rekam medis dan informasi kesehatan.

4. Universitas Brawijaya (UB)


RSUB mulai dibangun sejak 2010. RS UB dilengkapi dengan IGD, poli anak, poli jantung, poli kandungan, kamar operasi, farmasi, ICU, kamar bersalin. Saat ini RSUB memiliki kurang lebih 63 tempat tidur dalam beberapa pilihan ruang rawat inap yaitu VIP, Kelas I, Kelas II, Kelas III.

RSUB berada di Jalan Soekarno-Hatta, Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur. Visi rumah sakit ini adalah menjadi rumah sakit yang memiliki kualitas yang baik dalam pelayanan, pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat di bidang kesehatan yang bertaraf internasional

6.Universitas Diponegoro (Undip)


Rumah Sakit Nasional Diponegoro merupakan rumah sakit milik Universitas Diponegoro Semarang dan merupakan rumah sakit tipe C terakreditasi KARS. Rumah sakit ini memiliki 19 klinik rawat jalan dan mengoperasikan 100 tempat tidur dari total 300 tempat tidur yang dimiliki.

Melayani gawat darurat, rawat inap, ICU, klinik rawat jalan, apotek, radiologi, laboratorium, rehabilitasi medik, kateterisasi jantung, cuci darah serta Ambulans 24 Jam. Rumah sakit ini berada di Jalan Prof. Moeljono S Trastotenojo, Kec. Tembalang, Kota Semarang, Jawa Tengah 50275.

7. Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS)


RS UNS Solo merupakan rumah sakit dengan tipe pelayanan A, B dan C, memiliki 200 kamar. Layanan rawat inap dengan kapasitas 60 pasien dan akan ditambah kapasitasnya seiring dengan ketersediaan sumber daya pendukung pelayanan.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0928 seconds (0.1#10.140)