Total Rp6 Miliar, UMY Berikan Beasiswa untuk Mahasiswa Kedokteran

Senin, 14 Agustus 2023 - 16:36 WIB
loading...
Total Rp6 Miliar, UMY Berikan Beasiswa untuk Mahasiswa Kedokteran
UMY menyalurkan beasiswa senilai Rp6 miliar untuk 5 mahasiswa kedokteran. Foto/UMY.
A A A
JAKARTA - Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) memberikan beasiswa dokter dan dokter gigi untuk 5 mahasiswanya. Total beasiswa yang disalurkan mencapai Rp6 miliar.

Beasiswa dari UMY ini diberikan kepada calon mahasiswa kedokteran dengan harapan akan semakin membuka peluang mencetak lulusan dokter baru profesional yang siap melayani masyarakat.

Rektor UMY Prof. Dr. Ir. Gunawan Budiyanto mengingatkan para penerima beasiswa yang dibiayai oleh umat untuk kembali kepada umat.

“Adik-adik yang telah terpilih untuk menerima beasiswa, setelah lulus nanti akan segera dimanfaatkan untuk masyarakat. Yang akan menjadi pertanggungjawaban adalah apa yang telah kalian perbuat untuk orang lain dan agama,” katanya, dikutip dari laman UMY, Senin (14/8/2023).

Baca juga: Seleksi Tanpa Tes, Ada Golden Ticket dari UIN Jakarta untuk Juara Madrasah Fest 2023

Beasiswa yang mencapai Rp6 miliar tersebut diberikan kepada Zahra Nur Aini, Yulisa Hinda Shofia dan Mudhiah Dhiyaulhaq dari program studi S1 Kedokteran Umum. Sementara dua mahasiswa atas nama Sinta Adellia dan Efri Nawati dari program studi S1 Kedokteran Gigi.

Gunawan juga menyampaikan jika diadakannya program beasiswa ini didasari atas dua hal. Pertama, biaya sekolah kedokteran cenderung lebih mahal. Selama sepuluh tahun, kenaikan biaya yang dibebankan kepada mahasiswa mencapai lebih dari tiga ratus juta.

Alasan kedua adalah distribusi dokter yang belum merata di Indonesia. Di sisi lain, masih banyak amal usaha kesehatan yang dimiliki oleh Muhammadiyah yang masih kekurangan dokter. "Harapannya, para lulusan beasiswa dokter UMY dapat mengabdi di sana,” katanya.

Baca juga: Apakah yang Sudah Dapat KIP Kuliah Bisa Daftar Beasiswa Unggulan? Simak Jawabannya

Selama 13 tahun, UMY secara rutin memberikan beasiswa bagi calon mahasiswa kedokteran dan kedokteran gigi yang terpilih.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan AIK Faris Al-Fadhat mengatakan, jika beasiswa yang diterima sudah mencakup biaya kuliah per semester, biaya praktikum, hingga tunjangan hidup setiap bulan.

“Kami memilih calon mahasiswa penerima beasiswa yang tersebar dari seluruh Indonesia. Kriteria mahasiswa yang kami pilih, selain berasal dari keluarga yang tidak mampu namun juga harus lolos tes yang menjadi standar nilai kedokteran," terangnya.

"Dengan ini, kami ingin memastikan bahwa proses perkuliahan yang akan dijalani tidak terganggu,” lanjutnya.

Hingga saat ini, terdapat 64 mahasiswa yang telah menerima beasiswa dokter dan dokter gigi dari UMY. 48 mahasiswa di antaranya berasal dari program studi Kedokteran dan 16 mahasiswa dari program studi Kedokteran Gigi.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1602 seconds (0.1#10.140)