Seleksi Tanpa Tes, Ada Golden Ticket dari UIN Jakarta untuk Juara Madrasah Fest 2023

Senin, 14 Agustus 2023 - 09:22 WIB
loading...
Seleksi Tanpa Tes, Ada Golden Ticket dari UIN Jakarta untuk Juara Madrasah Fest 2023
UIN Jakarta akan memberikan Golden Ticket bagi pemenang Madrasah Fest 2023. Foto/UIN Jakarta.
A A A
JAKARTA - UIN Jakarta akan memberikan Golden ticket atau jalur masuk kuliah tanpa tes melalui jalur SPMB Mandiri Berprestasi bagi para pemenang Madrasah Fest 2023. Madrasah Fest adalah lomba tingkat nasional madrasah tingkat ibtidaiyah hingga aliyah.

Madrasah Fest resmi ditutup pada Sabtu malam (12/8/2023). Sebanyak 72 peserta terpilih sebagai pemenang di berbagai mata lomba Madrasah Fest 2023. Ajang ini terdiri dari 10 cabang lomba yang digelar baik daring maupun luring.

Sedang ke-10 lombanya sendiri antara lain Memorizing Holy Qur’an, Explaining Holy Qur’an, Memorizing Hadith, Reading Islamic Turats, dan Islamic Issues Debate Contest. Lalu, Reciting Holy Qur’an, Voice of Arabic, Student Chef, Calligraphy Fest, dan Creative Design Fest.

Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan FITK Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah (UIN Jakarta) Salamah Agung mengatakan, apresiasi kepada para juara juga akan diberikan secara khusus oleh UIN Jakarta. Pimpinan dekanat FITK UIN Jakarta, sebutnya, sepakat akan memberikan jalur masuk tanpa tes untuk seluruh prodi fakultasnya.

Baca juga: Apakah yang Sudah Dapat KIP Kuliah Bisa Daftar Beasiswa Unggulan? Simak Jawabannya

“FITK UIN Jakarta dengan bangga akan memberikan beasiswa bagi seluruh pemenang juara 1-3 berupa jalur ekspres tanpa tes, jalur mandiri berprestasi untuk kuliah di seluruh prodi FITK UIN Jakarta," katanya, dikutip dari laman UIN Jakarta, Senin (14/8/2023).

Dekan FITK UIN Jakarta, Siti Nurul Azkiyah menyatakan siap menerima para juara untuk masuk berbagai prodi FITK UIN Jakarta di jalur prestasi. Untuk itu, ia berharap para peserta dan pemenang dapat melanjutkan kuliah di FITK UIN Jakarta.

“Saya berharap mendapatkan bibit-bibit unggul madrasah untuk berkuliah di FITK. Ini merupakan upaya afirmasi positif yang diberikan FITK sebagai institusi di bawah Kementerian Agama RI untuk menjadi pilihan studi siswa-siswa madrasah terbaik se-Indonesia,” ujarnya.

Baca juga: Beasiswa Luar Negeri dengan Uang Saku Besar Namun Sepi Peminat, Daftar Yuk

Wakil Rektor Bidang Kerjasama Din Wahid yang hadir mewakili Rektor UIN Jakarta mengapresiasi penyelenggaraan Madrasah Fest 2023. Menurutnya, ajang ini sangat positif dalam meningkatkan prestasi para peserta didik madrasah.

“Ada banyak juara dari banyak cabang. Ada tilawah al-Quran, penghafal hadits misalnya. Maka kami yakin dari ajang ini akan muncul tokoh-tokoh penghafal al-Quran dan hadits. Bukan puluhan tapi ratusan,” apresiasinya.

Untuk itu, sambungnya, apresiasi jalur masuk tanpa tes para juara Madrasah Fest bisa diperluas dengan ditawarkan juga ke berbagai fakultas dan prodi UIN Jakarta. “Tadi disampaikan juara 1 sampai 3 diterima di FITK, kami akan usulkan mudah-mudahan juga di fakultas-fakultas lain,” ujarnya.

“Kalau ada penghafal A-Qur'an dan hadis misalnya bisa masuk di Fakultas Ushuluddin. Kami akan usulkan kepada Pak Rektor agar bagaimana adik-adik ini, para ananda yang sudah berprestasi ini bisa masuk ke UUN Jakarta melalui jalur prestasi,” tandasnya.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1811 seconds (0.1#10.140)