7 Syarat Kuliah di Luar Negeri yang Harus Lengkap Sebelum Berangkat, Cek Dokumennya

Selasa, 15 Agustus 2023 - 15:22 WIB
loading...
7 Syarat Kuliah di Luar Negeri yang Harus Lengkap Sebelum Berangkat, Cek Dokumennya
Ada sejumlah syarat wajib yang harus dilengkapi sebelum seseorang ingin berangkat melanjutkan studi di kampus luar negeri, salah satunya paspor. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini syarat kuliah di luar negeri yang harus dilengkapi sebelum berangkat. Melanjutkan studi di kampus luar negeri menjadi cita-cita banyak orang. Hanya saja banyak persiapan yang harus kamu lakukan sebelum berangkat.

Selain tentu saja persiapan soal biaya, studi di universitas luar negeri membutuhkan banyak persyaratan. Dirangkum dari berbagai sumber, ini 7 syarat kuliah di luar negeri yang wajib dilengkapi sebelum berangkat.

7 Syarat Kuliah di Luar Negeri yang Wajib Dilengkapi Sebelum Berangkat

1. Paspor


Syarat kuliah di luar negeri yang pertama harus kamu miliki ialah Paspor. Untuk menembus negara studi impianmu, kamu membutuhkan ‘teman’ ini! Paspor merupakan identitas diri kamu yang berlaku sebagai akses ‘internasional’.

Jadi apapun tujuan kamu baik itu kuliah di luar negeri, wisata, maupun bekerja, dokumen yang satu ini akan selalu menjadi syaratnya. Catat! minimal masa berlaku paspor harus lebih dari 6 bulan untuk kamu bisa studi di luar negeri.

2. Visa


Selain paspor, syarat untuk bisa kuliah di luar negeri selanjutnya ialah visa, yang merupakan surat izin berkunjung yang diterbitkan oleh Kedutaan Besar negara tujuan. FYI, visa pelajar punya durasi khusus dimana waktu bisa lebih lama tergantung pada periode studi yang diambil.

Sebelum mengurus visa, pastikan kamu sudah menyiapkan bukti rekening koran atau tabungan serta siap menghadapi proses wawancara dengan pihak kedutaan.

3. Ijazah dan Transkrip Nilai


Syarat kuliah di luar negeri ketiga yang wajib kamu persiapkan adalah ijazah dan transkrip nilai. Pihak universitas pastinya ingin mengetahui kemampuan yang kamu miliki saat di bangku sekolah!

Pastikan jalur pendidikan terakhir yang di tempuh dan standar nilai pelajaran saat sekolah memenuhi syarat dalam entry requirement kampus yang di tuju ya! Jangan lupa juga untuk membawa kedua dokumen tersebut dalam bentuk asli dan soft copy yang sudah diketik dalam Bahasa Inggris.

4. Letter of Acceptance


Letter of Acceptance atau yang di singkat dengan LoA adalah surat resmi yang di terbitkan oleh universitas tujuanmu di luar negeri bahwa kamu di terima sebagai mahasiswa untuk berkuliah di sana. LoA sendiri terbagi menjadi dua. Makanya kamu harus punya surat ini sebagai salah satu syarat kuliah di luar negeri.

Conditional LoA, merupakan surat penerimaan namun dengan syarat yang belum sepenuhnya di terima, sedangkan Unconditional LoA merupakan surat bukti diterima tanpa persyaratan apapun dan hanya perlu registrasi ulang saja.

5. Sertifikat Kemampuan Bahasa Asing


Karena berkuliah di luar negeri, sudah pasti kamu harus menggunakan Bahasa Inggris—alias bahasa global dalam berkomunikasi dan saat proses belajar. Sertifikat kemampuan bahasa pun akhirnya menjadi salah satu syarat kuliah di luar negeri bagi beberapa universitas.



Bukti sertifikat kemampuan bahasa inggris seperti Test of English Foreign Language (TOEFL) dan International English Language Testing System (IELTS) biasanya di jadikan persyaratan untuk berbagai program studi. Sertifikat kemampuan tersebut bisa kamu peroleh dengan mengambil tes di beberapa lembaga pendidikan informal.

6. Motivation Letter


Bagi kamu yang mengambil beasiswa, surat yang satu ini pastinya akan menjadi syarat kuliah di luar negeri. Motivation letter adalah sebuah surat yang menjelaskan kenapa kamu bisa menjadi kandidat yang tepat untuk suatu program seperti program beasiswa. Bahkan terkadang pihak universitas akan menanyakan soal surat ini bagi calon mahasiswa non-beasiswa.

7. Letter Of Recommendation


Salah satu syarat penting kuliah di luar negeri, terutama bagi kamu yang mengincar LoA Unconditional. Letter of Recommendation sendiri ialah surat yang ditulis oleh seseorang yang dapat memberikan rekomendasi untuk orang lain berdasarkan kemampuan akademis atau kinerja orang tersebut secara professional.

8. Biaya Studi dan Biaya Hidup


Terkadang ada negara yang mewajibkan kamu mempunyai jumlah tabungan tertentu selama kuliah di negara tersebut. Maksudnya adalah mereka mewajibkan kamu mempunyai uang dalam jumlah tertentu di setiap bulannya sebagai salah satu syarat untuk bisa kuliah di luar negeri.

Biaya studi di universitas dan biaya hidup di setiap negara sudah pasti berbeda dan ada berbagai macam. Sangat penting untuk mengetahui seberapa banyak yang harus kamu keluarkan agar kamu siap secara finansial saat menghadapinya.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3019 seconds (0.1#10.140)