10 Pilihan Profesi Menjanjikan Lulusan Sastra Jepang, Ini Daftar Pekerjaannya

Rabu, 16 Agustus 2023 - 11:36 WIB
loading...
10 Pilihan Profesi Menjanjikan Lulusan Sastra Jepang, Ini Daftar Pekerjaannya
Lulusan Sastra Jepang memiliki banyak pilihan profesi selain bekerja di perusahaan Jepang. Salah satu pilihan pekerjaan adalah penerjemah. Foto/laman Unpad
A A A
JAKARTA - Ini sederet profesi yang bisa ditekuni lulusan Sastra Jepang kedepan. Jurusan Sastra Jepang terbilang masih asing bagi mahasiswa di Indonesia.Hal itu memang wajar mengingat secara internasional, Jepang masih kalah pamor dengan Negara barat seperti Amerika Serikat, Inggris maupun China yang saat ini lebih diperhitungkan di kawasan Asia

Meski demikian, di tingkat global peran Jepang sudah lama diperhitungkan sebagai salah satu negara maju dengan ekonomi kuat. Selain itu, budaya Jepang selama ini juga menjadi salah satu cultur yang mulai banyak dipelajari banyak negara, termasuk Indonesia.

Di Indonesia, adanya jurusan Sastra Jepang menunjukkan bahwa hal-hal yang berbau Jepang dinilai memiliki prospek bagus ke depannya termasuk dalam hal pendidikan. Dirangkum dari berbagai sumber, ini 10 profesi yang bisa digeluti lulusan Sastra Jepang.

10 Pilihan Profesi yang Bisa Ditekuni Lulusan Sastra Jepang dan Estimasi Gajinya

1. Penerjemah


Pilihan profesi pertama bagi lulusan sastra Jepang ialah penerjemah. Profesi ini memang sangat umum ditekuni oleh lulusan jurusan sastra. kamu bisa menekuni profesi ini secara freelance atau bergabung dengan perusahaan. Besar gajinya rata-rata mulai dari Rp2.000.000,00.

2. Guru


Kamu juga bisa bekerja sebagai guru di sekolah-sekolah yang mengajarkan bahasa Jepang. Jika tidak, kamu bisa menekuni profesi guru privat untuk lembaga pendidikan khusus bahasa Jepang. Rentang gajinya rata-rata di angka Rp3.000.000,00.

3. Dosen


Selain jadi guru sekolah, Kamu bisa menekuni profesi pengajar di tingkat universitas atau disebut juga dosen. Namun Kamu harus mau menempuh pendidikan master terlebih dahulu. Gajinya rata-rata berkisar di angka Rp3.000.000,00 hingga Rp6.000.000,0.


4. Penulis


Lulusan sastra Jepang juga dapat bekerja sebagai penulis. kamu bisa menjadi penulis buku atau penulis kreatif untuk media-media digital maupun cetak. Perolehan gajinya rata-rata mulai dari angka Rp3.000.000,00.

5. Tour Guide


Jika kamu hobi jalan-jalan, maka tekuni saja profesi sebagai tour guide. kamu bisa bekerja di sini dengan memandu wisata para turis asal Jepang. Biasanya perolehan gajinya tergantung jumlah klien yang dipandu, bisa mulai dari Rp500.000,00 per klien.

6. Leksikografer


Prospek kerja sastra Jepang selanjutnya adalah leksikografer. Jenis profesi ini bertugas menulis, menyusun format, juga mengedit isi kamus. Peluang penghasilan dari profesi ini bisa berkisar di angka Rp3.000.000,00.

7. Bekerja di Kedutaan Jepang


Kamu juga bisa mendapatkan peluang kerja di kedutaan Jepang setelah lulus kuliah. Ada beberapa posisi staf yang terbuka bagi lulusan sastra Jepang. Prospek gajinya bisa bermula dari Rp3.000.000,00 hingga Rp5.000.000,00.


8. Interpreter


Profesi yang satu ini hampir sama dengan interpreter. Kamu bisa bekerja sebagai penerjemah namun dalam bentuk lisan. Banyak perusahaan yang saat ini membutuhkan jasa interpreter untuk membantu jalinan kerja sama dengan pihak asing. Profesi ini biasanya akan mendatangkan penghasilan mulai dari Rp2.000.000,00.

9. Editor


Selain bekerja sebagai penulis, kamu juga bisa menekuni profesi editor. Tugasmu adalah menyunting naskah atau teks yang menggunakan bahasa Jepang. Prospek gajinya berkisar di angka Rp2.000.000,00 hingga Rp4.000.000,00.

10. Bekerja di Perusahaan Jepang


Lulus dari jurusan sastra Jepang, kamu juga bisa bekerja di perusahaan asal negeri sakura tersebut. Bahkan kamu punya peluang juga untuk bekerja langsung di Jepang dengan perolehan gaji mulai dari Rp4.000.000,00.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1294 seconds (0.1#10.140)