10 Karier Pekerjaan Lulusan Jurusan Pariwisata, Gaji Jutaan di Kantong

Rabu, 16 Agustus 2023 - 13:00 WIB
loading...
10 Karier Pekerjaan Lulusan Jurusan Pariwisata, Gaji Jutaan di Kantong
Banyaknya tempat wisata di Indonesia membuat lulusan jurusan Pariwisata memiliki prospek kerja menjanjikan. Salah satunya sebagai konsultan pariwisata. Foto/politeknik wisata NHI Bandung
A A A
JAKARTA - Ini pilihan karier yang bisa dijalani lulusan Jurusan Pariwisata. Kamu berminat kuliah di jurusan kuliah? Kalau lulus bisa kerja dimana? Pertanyaan itu sangat wajar singgah di benak calon mahasiswa yang berminat kuliah di Jurusan Pariwisata.

Jurusan pariwisata jadi salah satu pilihan bidang ilmu yang menarik di tingkat universitas. Di Indonesia yang tinggi akan potensi pariwisata, jurusan ini jelas punya prospek sangat luas. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut 10 prospek kerja jurusan pariwisata beserta perkiraan gajinya

10 Pilihan Karier Lulusan Jurusan Pariwisata di Indonesia

1. Tour Guide


Profesi ini begitu menyenangkan untuk digeluti karena Kamu bisa berpergian ke tempat-tempat wisata menarik. Potensi gajinya beragam tergantung jumlah klien yang Kamu pandu, mulai dari Rp500.000,00 per klien.

2. Konsultan Pariwisata


Ini merupakan profesi yang sangat cocok dengan ilmu selama kamu berkuliah. Konsultan pariwisata punya tugas memberikan hasil pemikirannya demi kemajuan pariwisata dan perolehan gajinya mulai dari Rp3.000.000,00.

3. Manajemen Restoran


Kamu juga bisa bekerja di bidang manajemen restoran. Dunia pelayanan restoran juga tak jauh dari bidang pariwisata. Profesi ini bisa mendatangkan penghasilan mulai dari Rp2.000.000,00 bahkan belasan juta untuk restoran bintang lima.


4. Manajemen Perhotelan


Lulusan pariwisata juga bisa bekerja di hotel tepatnya pada bagian manajemen. Bidang ini juga berhubungan sangat erat dengan ilmu pariwisata. Rata-rata perolehan gaji dari profesi ini mulai dari Rp3.000.000,00.

5. Konten Kreator


Di zaman digital seperti sekarang, profesi kontent kreator semakin diakui dan mendatangkan banyak uang. Kamu bisa menjadi travel blogger atau youtuber yang membahas topik traveling dan pariwisata. Jika kamu sukses menjadi content creator, penghasilannya bisa belasan hingga puluhan juta.

6. Akademisi


Prospek kerja pariwisata berikutnya adalah akademisi. Pilihan profesi ini tergolong aman dan menjanjikan. Kamu bisa lanjut kuliah master dan bekerja sebagai dosen di jurusan pariwisata. Prospek gajinya diperkirakan mulai dari Rp3.000.000,00.

7. Pengusaha


Kamu juga bisa memulai bisnismu sendiri khususnya di bidang pariwisata. Banyak pilihan usaha yang bisa dijalankan seperti agen traveling, restoran, dan lain sebagainya. Sebagai pengusaha, Kamu bisa dapat penghasilan tak terhingga tergantung keuntungan yang didapat.


8. Event Organizer


Setelah tamat sekolah di jurusan pariwisata, Kamu juga bisa bekerja sebagai event organizer. Profesi yang satu ini sangat dibutuhkan sekarang dan menjanjikan keuntungan besar. Rata-rata penghasilannya berkisar di angka Rp4.000.000,00.

9. Pengelola Tempat Wisata


Terdapat banyak pilihan destinasi wisata di tanah air. Kondisi ini bisa membuka peluang kerja untukmu. Kamu bisa jadi pengelola tempat wisata dan mendapat penghasilan mulai dari Rp3.000.000,00.

10. Bekerja di Industri Penerbangan


Lulusan pariwisata juga banyak dibutuhkan di bidang industri penerbangan. Kamu bisa bekerja di bidang ini dan mendapatkan gaji rata-rata mulai dari Rp3.000.000,00.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1420 seconds (0.1#10.140)