4 Peluang Kerja Menjanjikan bagi Lulusan SMK Jurusan Usaha Layanan Pariwisata

Kamis, 08 Juni 2023 - 16:08 WIB
loading...
4 Peluang Kerja Menjanjikan bagi Lulusan SMK Jurusan Usaha Layanan Pariwisata
Ada peluang kerja menjanjikan bagi lulusan SMK jurusan Usaha Layanan Pariwisata. Foto/Dok/Kemenparekraf.
A A A
JAKARTA - Industri pariwisata merupakan salah satu penyumbang devisa terbesar di Indonesia. Pada jenjang SMK , ada jurusan Usaha Layanan Pariwisata yang memiliki peluang kerja luas bagi lulusannya.

Sektor pariwisata di Indonesia terus mengalami kebangkitan dan perkembangan dari waktu ke waktu. Apalagi Indonesia merupakan negara kepulauan yang banyak menyimpan keindahan alam yang memukau.

Wisatawan baik lokal maupun dari mancanegara pun tertarik healing ke Indonesia karena industri pariwisata yang mengalami kebangkitan dan perkembangan pesat dari waktu ke waktu.

Indonesia pun bukan hanya Bali, pemerintah saat ini memiliki program Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Prioritas untuk mengembangkan 10 Bali baru sebagai destinasi wisata.

Di antaranya ada Danau Toba di Sumatra Utara, Gunung Bromo Tengger di Jawa Timur, Kepulauan Seribu di Jakarta, Labuan Bajo di NTT, Morotai di Maluku Utara, hingga Wakatobi di Sulawesi Tenggara.

Baca juga: Mengenal Juilliard School, Sekolah Impian Putri Ariani yang Tampil Memukau di AGT 2023

Jurusan pariwisata pun ada di jenjang Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), yaitu jurusan Usaha Layanan Pariwisata (ULP) yang memiliki prospek karier yang menjanjikan.

Dikutip dari laman Ditjen Pendidikan Vokasi, berikut prospek kerja yang bisa dimiliki oleh lulusan jurusan Usaha Layanan Pariwisata.

1. Travel Consultant


Seorang travel consultant akan sering berhubungan dengan pembuatan rencana perjalanan yang disesuaikan dengan anggaran belanja konsumen.

Lulusan ini juga berkewajiban untuk memberikan informasi lengkap mengenai harga paket perjalanan, kelebihan, hingga kekurangan dari masing-masing paket perjalanan.

“Sebagai seorang travel consultant, mereka biasanya akan mengurusi mulai dari persiapan perjalanan, akomodasi yang digunakan, hingga tujuan destinasi wisata yang akan dikunjungi,” ucap Eka Purwanto, Ketua Program Keahlian Usaha Layanan Pariwisata, SMKN 6 Yogyakarta.

2. Tour Guide


Saat kalian berwisata pernah tidak melihat wisatawan lain dipandu oleh seseorang untuk diberi penjelasan terkait objek-objek yang ada di tempat tersebut?
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2132 seconds (0.1#10.140)