Memakai Baju Adat Jawa Timur, Nadiem Pimpin Upacara HUT ke-78 RI di Kemendikbudristek

Kamis, 17 Agustus 2023 - 10:43 WIB
loading...
Memakai Baju Adat Jawa Timur, Nadiem Pimpin Upacara HUT ke-78 RI di Kemendikbudristek
Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim saat memimpin Upacara Bendera Peringatan HUT ke-78 RI. Foto/BKHM.
A A A
JAKARTA - Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim memimpin upacara bendera peringatan HUT ke-78 Republik Indonesia (RI) di Kantor Kemendikbudristek, Kamis (17/8/2023). Tahun ini Nadiem memakai busana adat dari Jawa Timur.

Busana ini terdiri dari kemeja kerah tinggi dan beskap terbuka inspirasi tampilan klasik Jawa masa lalu. Dengan ikat kepala yang terinspirasi dari ikat kepala Jawa Timuran dari batik tulis Pasuruan.

Upacara Peringatan HUT ke-78 RI digelar di halaman kantor Kemendikbudristek, Senayan, Jakarta Pusat. Para peserta upacara memakai baju adat dari sejumlah daerah di Indonesia.

Baca juga: Sejarah Paskibraka, Makna Formasi 17-8-45, dan Syarat Menjadi Pasukan Pengibar Bendera di Istana

Misalnya dari Ditjen Pendidikan Vokasi memakai pakaian adat Maluku, Ditjen Diktiristek memakai pakaian adat Jawa Tengah, Ditjen Kebudayaan berpakaian adat Lampung, hingga Inspektorat Jenderal berpakaian adat Banten.

Ada penampilan khusus dari finalis Indonesian Idol 2023 Novia Situmeang yang berkolaborasi dan diiringi musik oleh orkestra tim SMKS Teknologi Industri Muhamadiyah Cikampek.

Baca juga: Serba-serbi Bendera Merah Putih, Siapa yang Menjahit dan di Mana Bendera Pusaka Disimpan

Novia yang diketahui sebagai alumnus SMKN 11 Medan ini tampil memesona saat menyanyikan lagu Indonesia Pusaka karya Ismail Marzuki dan Hari Merdeka ciptaan H Mutahar.

Upacara pun dilanjutkan dengan pengibaran bendera Merah Putih. Upacara berlangsung khidmat hingga pembacaan doa.

Novia Bachmid menutup rangkaian upacara peringatan HUT ke-78 RI dengan menyanyikan lagu Profil Pelajar Pancasila yang diciptakan oleh Tri Adinata, seorang pendidik dari SMA Al Azhar Medan. Novia juga menyanyikan lagu secara medley Wonderland 1 dan lagu Rumah Kita.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2569 seconds (0.1#10.140)