Laporan Kinerja, Rektor Sampaikan Program Strategis Pengembangan UT

Kamis, 17 Agustus 2023 - 12:02 WIB
loading...
Laporan Kinerja, Rektor Sampaikan Program Strategis Pengembangan UT
Rektor Universitas Terbuka Prof Ojat Darojat. Foto/YouTube Universitas Terbuka TV.
A A A
JAKARTA - Rektor Universitas Terbuka (UT) Prof Ojat Darojat menyampaikan Laporan Kinerja Rektor UT Tahun 2022 di hadapan Majelis Wali Amanat (MWA) UT. Sejumlah program strategis pengembangan UT disampaikan pada kesempatan ini.

Transformasi UT sebagai Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN-BH) telah secara resmi disahkan pemerintah melalui PP No. 39 Tahun 2022. Untuk itu sebagai PTNBH, UT kini mempunyai organ penting yaitu Majelis Wali Amanat (MWA).

Sebagaimana diketahui dalam PP No. 39 Tahun 2022 tentang PTN-BH UT tersebut dijelaskan bahwa peran MWA UT yaitu menyusun, merumuskan, dan menetapkan kebijakan, memberikan pertimbangan pelaksanaan kebijakan umum, dan melaksanakan pengawasan di bidang non akademik.

Baca juga: Peringati HUT ke-78 RI, ITB Berikan Beasiswa Mini SBM, Cek Syaratnya

Dalam Rapat Pleno Terbuka MWA yang digelar secara hibrida, Rektor UT Prof Ojat Darojat menyampaikan laporan seperti tren mahasiswa UT, capaian kinerja, hingga program pengembangan UT ke depan.

Dia menyampaikan, penguatan jati diri UT sebagai PTN BH menjadi program strategis yang akan terus dimaksimalkan UT ke depannya. Kemudian juga ada penawaran program studi internasional sebagai salah satu program pengembangan UT ke depan.

"Program studi internasional adalah program studi yang yang bisa diakses oleh orang Indonesia di luar negeri atau orang luar negeri yang ingin ambil prodi di UT," kata Prof Ojat, dalam keterangan resminya, Rabu (16/8/2023).

Program studi internasional yang rencananya akan dibuka tahun depan itu yaitu Manajemen, Ekonomi Pembangunan, Hukum, dan Akuntansi. UT, katanya, akan mengejar akreditasi internasional terlebih dulu untuk rencana pembukaan prodi internasional tersebut.

Selanjutnya, ujar rektor, program pengembangan UT ke depan yaitu penawaran program studi baru yang relevan dengan pasar kerja dan perkembangan teknologi serta passing out program studi yang sudah jenuh.

Prof Ojat melanjutkan, UT ke depan juga akan memperkuat digital learning ecosystem (DLE) dan juga akan berpartisipasi dalam pemeringkatan perguruan tinggi dunia seperti Times Higher Education (THE), Webometrics, dan UI Greenmetric.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0930 seconds (0.1#10.140)