HUT ke-78 RI di IPB University, Prof Arif Satria: Mari Kerja Keras, Majukan Bangsa

Kamis, 17 Agustus 2023 - 12:50 WIB
loading...
HUT ke-78 RI di IPB University, Prof Arif Satria: Mari Kerja Keras, Majukan Bangsa
Upacara Peringatan Hari Kemerdekaan ke-78 Republik Indonesia pada Kamis (17/8) di Lapangan Rektorat, Kampus IPB Dramaga. Foto/Humas IPB University.
A A A
JAKARTA - IPB University mengadakan Upacara Peringatan Hari Kemerdekaan ke-78 Republik Indonesia pada Kamis (17/8) di Lapangan Rektorat, Kampus IPB Dramaga. Rektor IPB University , Prof Arif Satria mengajak kepada para masyarakat Indonesia untuk mengisi kemerdekaan dengan menciptakan inovasi unggul.

"Marilah kita isi kemerdekaan ini dengan inovasi unggul yang bisa mempercepat proses transformasi bangsa untuk menjadi bangsa besar di dunia. Saya yakin Indonesia akan semakin jaya jika kita semua mempunyai pola pikir yang optimis. Mari kerja keras, mari majukan bangsa," katanya, melalui siaran pers, Kamis (17/8/2023).

Dalam kesempatan itu, ia juga membacakan naskah pidato Hari Kemerdekan ke-78 RI dari Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Anwar Makarim.

Baca juga: Rektor Ungkap Lulusan UGM Didominasi Perempuan: Bentuk Kesetaraan Gender

"Dari para pendahulu bangsa, kita belajar bahwa kemerdekaan adalah sesuatu yang harus diperjuangkan. Kemerdekaan Indonesia tidak dihadiahkan oleh bangsa asing, tetapi dipertaruhkan dengan seluruh jiwa dan raga," ucap dia membacakan naskah pidato Mendikbudristek RI.

Ia menambahkan, “Perjuangan itu masih diteruskan sampai hari ini dengan Merdeka Belajar yang telah digerakkan selama empat tahun terakhir. Merdeka belajar juga harus digerakkan oleh seluruh lapisan masyarakat dengan semangat gotong royong.”

"Dengan implementasi Kurikulum Merdeka, para peserta didik dan para pendidik kita sekarang telah merasakan keleluasaan dalam belajar dan mengajar," imbuhnya.

Baca juga: Peringati HUT ke-78 RI, ITB Berikan Beasiswa Mini SBM, Cek Syaratnya

Dalam pidato tersebut, Prof Arif Satria menyampaikan bahwa dalam jenjang pendidikan tinggi, program-program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) juga telah berhasil mengubah hidup lebih dari 760 ribu mahasiswa.

"Perjuangan kita dalam menggerakkan Merdeka Belajar dalam empat tahun terakhir semakin menunjukkan pentingnya gotong royong untuk mewujudkan kemerdekaan dalam sistem pendidikan di Indonesia. Mari melanjutkan semangat para pendahulu kita untuk senantiasa bergerak serentak mewujudkan Merdeka Belajar," pungkasnya.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4893 seconds (0.1#10.140)