7 Jurusan Kuliah yang Bisa Dipilih Jika Ingin Jadi PNS di Kemendikbudristek

Jum'at, 18 Agustus 2023 - 14:37 WIB
loading...
7 Jurusan Kuliah yang Bisa Dipilih Jika Ingin Jadi PNS di Kemendikbudristek
Jurusan kuliah yang bisa dipilih bila ingin jadi PNS di Kemendikbudristek. Foto/laman Kemendikbudristek
A A A
JAKARTA - Sedikitnya ada tujuh jurusan kuliah yang bisa dipilih bila ingin jadi PNS di Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi ( Kemendikbudristek ). Untuk menjadi PNS di Kemendikbudristek tidak harus dari jurusan yang berfokus pada pendidikan.

Pada tahun 2021 lalu, Kemendikbudristek membuka ratusan formasi yang dapat diisi puluhan jurusan. Dari data CPNS Kemendikbudristek tahun 2021, terdapat berbagai jurusan yang dibutuhkan mulai dari manajemen hingga Teknik Informatika. Berikut ulasannya.

Jurusan Kuliah yang Bisa Masuk Formasi Kemendikbudristek

1. Manajemen


Jurusan kuliah Manajemen dalam formasi CPNS Kemendikbud 2021 dapat mengisi posisi Analis Barang Milik Negara, Analis Perencanaan dan laporan, Analis Penilaian dan Akreditasi, Analis Jabatan, Pengelola Keuangan, hingga Verifikator Keuangan.

2. Statistik


Pada tahun 2021 lalu, jurusan Statistik dibutuhkan untuk mengisi posisi Analis Data dan Informasi, Analis Penilaian Pendidikan, Analis Data Program dan Tata Operasional Penelitian, hingga Pengelola Bank Soal.


3. Psikologi


Psikologi dibutuhkan Kemendikbudristek untuk mengisi posisi Analis Data dan Penilaian Pendidikan, dan Analis Data Program dan Tata Operasional Penelitian dalam formasi tahun 2021 lalu.

4. Ilmu Hukum


Ilmu Hukum mengisi sejumlah formasi dalam Kemendikbudristek tahun 2021 lalu, di antaranya Penyusunan Bahan Bantuan Hukum, Analis Kerja Sama, dan Analis Kesejahteraan Sumber Daya Manusia Aparatur.

5. Administrasi Negara


Jurusan Kuliah ini nantinya dapat mengisi formasi Analis Pengembangan Karir Pendidik dan Tenaga Pendidikan, Analis Penganugerahan, Analis Organisasi, Analis Kesejahteraan Sumber Daya Manusia, hingga Analis Peningkatan Kompetensi.

6. Akuntansi


Sejumlah formasi yang diperuntukkan bagi jurusan Akuntansi di antaranya, Pengelola Data Pelaksanaan Program Anggaran, Penyusun Laporan Keuangan, Penyusun Program Anggaran dan Pelaporan, Analis Kerugian Negara, dan Analis Barang Milik Negara.

7. Teknik Informatika


Kemendikbud membutuhkan lulusan Teknik Informatika untuk mengisi posisi Pengelola Kepegawaian, Pengelola Kurikulum, Pengelola Situs atau Web, Pengelola Bahan Informasi dan Publikasi, hingga Pengelola Data Penggunaan Bahasa.

Selain ketujuh jurusan kuliah tersebut, ada pula jurusan lain yang dibutuhkan seperti Desain Komunikasi Visual, Sastra, Ilmu Komunikasi, Ekonomi Pembangunan, hingga Ilmu Komputer.
(okt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1467 seconds (0.1#10.140)